Lokasi Salat Idulfitri 1445 Hijriah Muhammadiyah di Bandung, Dilaksanakan di Satu Titik

Ilustrasi: Halalbihalal Idulfitri. (Ist.)
Ilustrasi: Halalbihalal Idulfitri. (Ist.)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Dalam menyambut Idulfitri 1445 Hijriah yang akan diselenggarakan pada tanggal 10 April 2024, Bandung telah menetapkan lokasi salat id.

Salah satu tempat yang telah resmi diumumkan sebagai lokasi salat adalah di Universitas Muhammadiyah (UM) Bandung.

Rencananya, pelaksanaan salat akan dilaksanakan di halaman parkir kampus ini. Pengumuman tersebut telah disampaikan melalui laman resmi Muhammadiyah Jabar.

BACA JUGA:

Dalam keterangan resmi, Kepala Lembaga Pengembangan dan Pengkajian Al-Islam Kemuhammadiyahan (LPPAIK) UM Bandung, Drs H Dikdik Dahlan Lukman menyatakan optimisme bahwa salat Idulfitri tahun ini akan dilakukan secara serentak pada tanggal 10 April 2024.

Hal ini sejalan dengan maklumat dari Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang menetapkan bahwa Idulfitri 1445 H jatuh pada tanggal tersebut.

Dengan demikian, UM Bandung memastikan pelaksanaan salat Idulfitri sesuai dengan ajaran agama Islam dan tata cara yang telah ditetapkan.

Penetapan waktu dan tempat salat Idulfitri oleh Muhammadiyah di Bandung didasarkan pada Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah Nomor 1/MLM/I.0/E/2024.

Maklumat tersebut menetapkan bahwa Idulfitri 1445 H jatuh pada tanggal 10 April 2024, sejalan dengan hasil hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 hijriah.

Menyikapi hal ini, UM Bandung akan menggelar sholat Idul Fitri di lapangan terbuka, mengikuti contoh yang telah diajarkan oleh Rasulullah SAW.

Yudi Daryadi bertindak sebagai imam dan khatib salat Id

Dosen Fakultas Agama Islam UM Bandung, Yudi Daryadi, akan bertindak sebagai imam dan khatib dalam salat Idulfitri 1445 Hijriah.

Yudi Daryadi juga merupakan Ketua Program Studi Hukum Keluarga Islam (HKI) serta salah satu pimpinan di LPPAIK UM Bandung.

Pelaksanaan salat akan dimulai tepat pukul 06.15 WIB, diikuti dengan tausyiah yang akan disampaikan kepada jamaah.

Untuk memastikan kelancaran acara, Dikdik mengimbau agar jamaah salat Idulfitri datang lebih awal ke UM Bandung.

Hal ini bertujuan agar mereka dapat mendapatkan posisi duduk di saf paling depan. Sebagai tambahan, Dikdik juga berharap agar cuaca pada hari itu mendukung pelaksanaan salat.

Dia juga mengajak umat Islam, khususnya warga Muhammadiyah di Bandung Timur dan sekitarnya, untuk beramai-ramai hadir di UM Bandung pada waktu yang telah ditentukan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*