5 Manfaat Pramuka untuk Siswa, Ekstrakurikuler Tidak Lagi Wajib di Sekolah

Pramuka. (dok.kemendikbudristek)
Pramuka. (dok.kemendikbudristek)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Inilah sejumlah manfaat Pramuka untuk siswa, ekstrakurikuler di sekolah yang tidak lagi wajib diikuti oleh siswa sekolah.

Hal ini tertuang dalam Peraturan Menteri (Permen) Nomor 12 Tahun 2024 yang diresmikan Mendikbudristek, Nadiem Makarim.

Dalam aturan itu, Pramuka bakal menjadi kegiatan opsional alias bisa dipilih oleh murid.

BACA JUGA:

Selama ini, Pramuka diwajibkan di sekolah sebagai salah satu aktivitas pengembangan diri siswa. Di dalamnya diajarkan beragam keterampilan yang dibutuhkan ketika berada di alam bebas.

Pramuka sendiri merupakan gerakan pendidikan di luar ruangan yang telah menjadi bagian integral dari pendidikan di banyak negara, termasuk Indonesia.

Selain sebagai organisasi yang mempromosikan kegiatan di alam terbuka, Pramuka juga memberikan banyak manfaat bagi siswa.

Berikut ini 7 manfaat utama yang bisa didapatkan siswa melalui keanggotaan dalam gerakan Pramuka:

1. Pembentukan karakter

Salah satu manfaat terbesar dari keanggotaan dalam Pramuka adalah pembentukan karakter yang dimiliki oleh siswa.

Melalui aktivitas-aktivitas yang dijalankan seperti kemah, pelatihan keterampilan, dan kegiatan sosial, siswa belajar tentang nilai-nilai seperti kepemimpinan, kerja sama tim, tanggung jawab yang membantu dalam pembentukan karakter yang kuat dan positif.

2. Keterampilan hidup

Pramuka menanamkan keterampilan hidup praktis kepada siswa, mulai dari keterampilan dasar seperti membuat api, kemahiran navigasi, hingga keterampilan kompleks seperti pertolongan pertama.

Keterampilan ini tidak hanya berguna dalam kegiatan Pramuka, tetapi juga dalam kehidupan sehari-hari siswa di luar sekolah.

3. Kemandirian

Melalui pengalaman di alam terbuka dan kegiatan petualangan, Pramuka mengajarkan siswa untuk mandiri.

Siswa belajar untuk menghadapi tantangan, mengatasi rintangan, dan membuat keputusan secara mandiri.

Hal ini bisa membantu mereka membangun kepercayaan diri dan kemandirian yang diperlukan untuk menghadapi berbagai situasi dalam kehidupan.

4. Pengembangan keterampilan sosial

Dalam kegiatan Pramuka, siswa berinteraksi dengan sesama anggota dan pemimpin, belajar untuk bekerja dalam tim, mengatasi konflik, dan berkomunikasi dengan efektif.

Manfaat ini bisa membantu siswa mengembangkan keterampilan sosial yang diperlukan untuk berhasil dalam kehidupan bermasyarakat.

5. Belajar mencintai tanah air

Pramuka merupakan wadah untuk memupuk rasa cinta tanah air dan semangat kebangsaan yang dimiliki oleh siswa.

Melalui pengenalan simbol-simbol nasional, penyelenggaraan upacara bendera, dan kegiatan-kegiatan yang mempromosikan rasa kebangsaan, siswa menjadi lebih terhubung dengan identitas nasional mereka dan memahami pentingnya berkontribusi bagi kemajuan bangsa.

Itulah manfaat Pramuka yang saat ini menjadi ekstrakurikuler opsional di sekolah dan tidak lagi diwajibkan oleh Kemendikbud.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*