Kamu Gagal di SNBP 2024? Pertimbangkan 5 Jalur Alternatif Berikut Ini

Ilustrasi: Tidak Lolos SNMPTN dan SBMPTN. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi kamu yang belum beruntung di SNBP, jangan patah semangat. Karena SNBP bukan jalur satu-satunya untuk kamu berkuliah.

Nah, masih ada 5 jalur alternatif seleksi masuk perguruan tinggi jika kamu gagal SNBP 2024 yang bisa kamu coba!

Penasaran apa saja jalur seleksinya? Simak informasi lengkapnya berikut ini.

BACA JUGA

Alternatif Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Selain SNBP

1. Seleksi UTBK-SNBT 2024

Pendaftaran untuk UTBK-SNBT 2024 telah dibuka bagi siswa kelas 12 yang tidak mengikuti SNBP, serta bagi siswa gap year tahun 2022 dan 2023, dan lulusan paket C.

Namun, peserta SNBP 2024 baru dapat mendaftar setelah pengumuman hasil seleksi mereka pada Selasa, 26 Maret pukul 15.00 WIB.

Proses pendaftaran dilakukan secara daring melalui Portal SNPMB di tautan https://portal-snpmb.bppp.kemdikbud.go.id/ menggunakan akun SNPMB yang telah didaftarkan sebelumnya.

Untuk SNBT 2024, siswa dapat memilih hingga 4 program studi di 4 PTN dengan batasan tertentu. Jangan lewatkan batas waktu pendaftaran hingga 5 April 2024, ya!

2. UM-PTKIN 2024

Mirip dengan SNBT, Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (UM-PTKIN) adalah seleksi nasional mahasiswa baru untuk masuk perguruan tinggi Islam negeri di seluruh Indonesia. Pendaftarannya akan dibuka pada 17 April 2024 mendatang di tautan https://um.ptkin.ac.id/.

3. Seleksi Sekolah Kedinasan (SEKDIN)

Seleksi ini mencakup berbagai perguruan tinggi kedinasan di bawah naungan kementerian dan lembaga pemerintah.

Pendaftaran untuk sekolah kedinasan 2024 diperkirakan akan dilangsungkan pada bulan April-Mei 2024, belum tersedia untuk tanggal pastinya.

Delapan instansi akan membuka pendaftaran adalah sebagai berikut:

  • Kementerian Hukum dan HAM: Poltekip & Poltekim
  • Kementerian Keuangan: STAN
  • Kementerian Perhubungan: STTD, STIP, API, PPI, Poltekbang, Poltekpel, Poltrada, dan Poltektrans
  • Kementerian Dalam Negeri: IPDN
  • Badan Intelijen Negara (BIN): STIN
  • Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN): Poltek SSN
  • Badan Pusat Statistik (BPS): STIS
  • Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG): STMKG

Mahasiswa yang diterima di sekolah kedinasan berkesempatan menjadi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dan mendapatkan fasilitas berupa kuliah gratis, asrama, uang saku, dan seragam.

4. SMMPTN Barat

SMMPTN-Barat (Seleksi Mahasiswa Mandiri Perguruan Tinggi Wilayah Barat) merupakan seleksi yang melibatkan kerja sama antar PTN di wilayah barat Indonesia.

Di seleksi 2024, para peserta dapat memilih maksimum 4 prodi di 4 PTN yang berbeda dari 25 PTN yang tersedia.

Pendaftaran untuk seleksi 2024 akan dibuka pada 4 Mei 2024 di tautan https://smmptnbarat.id/home. Jangan lupa untuk cek secara berkala, ya!

5. Seleksi Mandiri PTN dan PTS

Perlu diingat bahwa jalur mandiri diselenggarakan oleh masing-masing perguruan tinggi, dengan jenis dan waktu seleksi yang ditentukan oleh PTN atau PTS yang bersangkutan

Perbedaan signifikan dengan SNBP dan SNBT terletak pada biaya kuliah, dimana beberapa perguruan tinggi menerapkan biaya tambahan seperti uang pangkal, sumbangan pengembangan institusi (SPI), atau iuran pengembangan institusi (IPI) selain uang kuliah tunggal (UKT).

Pastikan untuk memeriksa informasi lengkap di kampus tujuanmu sebelum mendaftar.

Itulah informasi seputar jalur alternatif masuk perguruan tinggi jika kamu gagal di SNBP 2024. Semoga kamu lolos di salah satunya, ya!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*