6 Tip Penting Sebelum Daftar SNBT yang Harus Siswa Ketahui, Jangan Asal Nekat Mencoba!

Siswa SMA. (ISt.)
Siswa SMA. (ISt.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Inilah 6 tip penting yang wajib kamu ketahui sebelum daftar SNBT 2024. Jangan asal ikut-ikutan, apalagi hanya modal nekat mencoba!

Pendaftaran Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) telah resmi dibuka bagi calon mahasiswa baru pada Kamis, 21 Maret 2024, pukul 15.00 WIB.

Namun, sebelum mendaftar SNBT 2024, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar prosesnya berjalan lancar dan sukses. Jadi, jangan sampai kamu asal nekat mencoba, ya!

Salah satu langkah awal yang penting saat daftar SNBT 2024 adalah memastikan bahwa kamu telah membaca dengan seksama apapun informasi terkait pendaftaran.

BACA JUGA:

Semua informasi sudah tercantum di laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB).

Berikut adalah rangkuman dari hal-hal penting yang perlu diperhatikan sebelum memulai proses pendaftaran SNBT 2024:

1. Baca informasi penting di Website Resmi SNPMB

Langkah yang pertama, pastikan baca semua informasi terkait pendaftaran UTBK-SNBT di website resmi snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.

Fokuslah pada menu-menu berikut ini:

  • UTBK-SNBT: PTN SNBT, Pusat UTBK, dan Pusat UTBK Peserta Tunanetra.
  • Jadwal
  • Unduhan: Panduan Pendaftaran UTBK-SNBT, Tata Tertib UTBK, Tata Cara Pembayaran Biaya UTBK-SNBT.

2. Siapkan akun siswa dan password

Pastikan kamu telah memiliki dan mengingat Akun Siswa dan Password yang telah dibuat saat melakukan ‘Registrasi Akun’, yang sekarang berstatus ‘Sudah Permanen’.

3. Periksa program studi dan daya tampung

Selanjutnya, lihatlah daftar program studi dan daya tampung yang tersedia untuk jalur SNBT. Pastikan pahami persyaratan dan jenis portofolio yang harus diunggah, terutama untuk program studi dalam bidang ‘Olahraga atau Seni dan Desain’.

4. Siapkan portofolio yang sesuai

Jika kamu memilih program studi yang menuntut unggah portofolio, pastikan untuk menyiapkan portofolio yang sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan.

5. Persiapkan dokumen tambahan

Jika kamu memiliki disabilitas tunanetra (buta), pastikan untuk menyiapkan surat pernyataan yang ditandatangani oleh Kepala Sekolah di atas meterai dan stempel sekolah.

6. Periksa nomor pendaftaran KIP Kuliah

Jika kamu akan mendaftar menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, pastikan untuk memeriksa nomor pendaftaran KIP Kuliah Anda di situs https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id.

Ingat, terdapat dua jenis KIP Kuliah, yaitu Gratis biaya UTBK dan Berbayar biaya UTBK.

Itulah 6 tip penting yang bisa kamu lakukan sebelum daftar SNBT 2024 agar prosesnya bisa berjalan lebih sukses.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*