Polisi Sahabat Anak Sambangi KB-TK Tarakanita 1

Polisi Sahabat Anak di KB-TK Tarakanita 1
Polisi Sahabat Anak di KB-TK Tarakanita 1 (KalderaNews/PU)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Utamakan kesehatan dan keselamatan merupakan salah satu topik pembelajaran pada jenjang TK. Banyak hal yang dapat dibahas mencakup tema kesehatan dan keselamatan.

Dalam bab keselamatan KB-TK Tarakanita 1 mendatangkan satuan polisi dari Polda Metro Jaya.

Pembelajaran ini untuk menjelaskan tertib berlalu lintas dan pengenalan rambu lalu lintas sebagai salah satu bentuk keselamatan.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam 2 sesi, sesi pertama untuk kelas KB 1 dan elas B sedangkan, sesi 2 untuk kelas KB 2 dan kelas A.

BACA JUGA:

Pada setiap sesinya terdapat 1 polwan dan 2 polisi. Pada awalnya dijelaskan tugas-tugas dari Polisi. Selanjutnya, polisi meminta 5 perwakilan anak untuk menjawab macam-macam rambu lalu lintas yang ada dan menjelaskan simbol-simbol pada rambu lalu lintas.

Anak-anak juga mempraktikkan secara langsung cara menyebrang dengan zebra cross. Mulai daru menengokkan kepala ke kanan kiri dan jalan dengan mengangkat satu tangan.

Polisi juga menjelaskan cara menggunakan helm yang baik. Terdapat beberapa perwakilan anak yang maju kedepan untuk mencoba menggunakan helm dengan benar.

Penjelasan diberikan dengan menarik menggunakan berbagai media dan terdapat hadiah yang disediakan untuk anak-anak.

Dengan antusias yang tinggi anak-anak dapat mendengarkan penjelasan dengan baik. Tak sedikit anak yang ingin menjadi polisi, baik anak laki-laki maupun perempuan. Mereka memiliki ketertarikan dalam menjaga keselamatan baik diri maupun sekitar.

Saat ditanya alasan ingin menjadi polisi salah satu anak dari TK A menjawab, “Aku ingin menangkap dan mengejar orang jahat”.

Dengan adanya Polisi Sahabat Anak ini, selain dapat mengedukasi anak tentang tertib berlalu lintas, juga dapat membantu anak melihat secara langsung pekerjaan dari polisi.

Harapannya dengan ini anak lebih memahami pembelajaran lalu lintas sejak dini, sebagai upaya keselamatan berkendara dan meningkatkan kesadaran tertib berlalu lintas. (Pu)

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*