8 Rekomendasi Alat Analisis Data Terbaik untuk Penelitian Kuantitatif

Mengerjakan Skripsi
Ilustrasi: Mengerjakan Skripsi
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Penelitian kuantitatif memerlukan analisis data yang teliti dan cermat. Inilah 8 rekomendasi alat analisis data untuk penelitian kuantitatif.

Menggunakan alat analisis data bisa memudahkan peneliti untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam.

Untungnya, saat ini sudah banyak tersedia berbagai alat analisis data yang dapat mempermudah dan meningkatkan efisiensi proses penelitian.

BACA JUGA:

Inilah rekomendasi alat analisis data penelitian kuantitatif yang diakui secara luas dan dapat memberikan kontribusi signifikan untuk kemajuan penelitian:

1. IBM SPSS Statistics

Alat analisis IBM SPSS Statistics atau sering dikenal SPSS adalah salah satu alat analisis data kuantitatif yang paling populer.

Memiliki antarmuka yang user-friendly, SPSS memungkinkan peneliti untuk melakukan analisis statistik deskriptif, inferensial, dan analisis multivariat dengan mudah.

2. R

Ini adalah bahasa pemrograman dan software open-source yang dirancang khusus untuk analisis statistik dan grafik.

Kelebihan utama R adalah fleksibilitasnya dan kemampuan untuk melakukan analisis statistik yang canggih.

R sangat populer di kalangan peneliti dan analis data karena menyediakan kontrol penuh atas proses analisis.

3. Stata

Beriktunya adalah alat analisis statistik yang menyediakan berbagai fitur yang sangat dibutuhkan untuk penelitian kuantitatif.

Dengan kemampuan untuk mengelola, menganalisis, dan memvisualisasikan data, Stata juga dapat digunakan untuk melakukan analisis regresi, analisis survifal, dan pemodelan statistik lanjutan.

4. Python

Alat analisis ini bukan hanya bahasa pemrograman umum, tetapi juga merupakan alat analisis data yang sangat kuat.

Dengan menggunakan perpustakaan Pandas dan NumPy, sebagai peneliti, kamu juga dapat melakukan manipulasi data, analisis statistik, dan visualisasi dengan efisiensi tinggi.

5. Microsoft Excel (Power Query dan Power Pivot)

Software Microsoft Excel, khususnya dengan fitur Power Query dan Power Pivot, memiliki kemampuan analisis data yang sangat baik.

Power Query memungkinkan penggabungan dan pembersihan data, sementara Power Pivot memberikan kemampuan analisis dan pembuatan model data yang kuat.

6. Jamovi

Ini adalah software analisis statistik yang bersifat open-source dan gratis. Software satu ini dirancang untuk memudahkan olah data.

Khususnya bagi mereka yang tidak memiliki latar belakang statistik yang kuat. Jamovi menyediakan antarmuka yang intuitif dan mendukung analisis statistik dasar dan lanjutan.

7. PSPP

Berikut ini salah satu alat olah data terbaik untuk penelitian kuantitatif yang bersifat open-source dan dirancang untuk menyediakan fungsi serupa dengan SPSS.

PSPP dapat digunakan untuk analisis statistik deskriptif dan inferensial serta visualisasi data. Alat ini juga bisa digunakan untuk uji hipotesis seperti t-test, chi-square, dan regresi.

8. OpenStat

Bersifat open-source, OpenStat dirancang untuk memberikan solusi analisis statistik yang komprehensif.

Meskipun antarmukanya mungkin kurang intuitif dibandingkan dengan beberapa alat lain, OpenStat menawarkan sejumlah fitur analisis data yang kuat seperti uji t, uji chi-square, dan analisis varians.

Pilihan alat analisis data sangat bergantung pada kompleksitas penelitian dan preferensi peneliti. Jadi, pilihlah yang paling sesuai kebutuhan penelitianmu.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*