Kisah Kebakaran Misterius, Film Baru Dosen UMN Raih Penghargaan IEFTA di Italia

Dosen Film UMN, Makbul Mubarak raih penghargaan IEFTA. (dok.umn)
Dosen Film UMN, Makbul Mubarak raih penghargaan IEFTA. (dok.umn)
Sharing for Empowerment

TANGERANG, KalderaNews.com – Makbul Mubarak, sutradara sekaligus dosen Film Universitas Multimedia Nusantara (UMN) catat prestasi internasional.

Film terbarunya “Watch It Burn” meraih penghargaan dalam TorinoFilmLab (TFL) Meeting Event 2023 di Torino, Italia.

Ini merupakan proyek film panjang kedua Makbul, setelah film “Autobiography”.

BACA JUGA:

Makbul mengatakan, hanya ada 20 proyek film yang terpilih dari 550 proyek film yang mendaftar di penyelenggaraan TFL Meeting Event ke-16, khususnya program ScriptLab.

Film “Watch It Burn” menjadi satu-satunya proyek film terpilih dari Indonesia.

Film “Watch It Burn” yang masih dalam tahap pengembangan naskah juga mendapatkan penghargaan IEFTA berupa biaya sebesar €3.000 atau setara Rp50 juta.

Penghargaan IEFTA merupakan sebuah lembaga yang berbasis di Irlandia yang mengkhususkan diri dalam mendukung film-film dari negara berkembang.

“Support ini tentu sangat berarti dalam pengembangan proyek film Watch It Burn mengingat rekam jejak IEFTA dalam berkolaborasi dengan platform pengembangan proyek film berskala internasional yang tersebar, mulai dari Cannes, Rotterdam, Leipzig, Thessaloniki, hingga ke negara-negara Timur Tengah, seperti Palestina,” kata Makbul.

TorinoFilmLab merupakan laboratorium pengembangan naskah atau ide yang mendukung talenta dari seluruh dunia melalui pelatihan, pengembangan, pendanaan, dan peluang relasi.

Kisah kebakaran misterius

Film “Watch It Burn” mengisahkan fenomena kebakaran misterius di sebuah kota kecil.

Kebakaran itu memancing rasa saling curiga di antara para penduduknya hingga belanjut ke tahap yang begitu menegangkan.

Kisah ini terinspirasi dari peristiwa kebakaran di kampung halaman Makbul di Tolitoli, Sulawesi Tengah.

“Tidak pernah ada yang tahu siapa yang membakarnya, dan ini berpengaruh pada bagaimana kami, para penduduk, melihat satu sama lain,” ungkap Makbul.

Sebelum TFL Meeting Event 2023, proyek film “Watch It Burn” sudah dipresentasikan di Asian Project Market di Busan International Film Festival 2023 di Korea Selatan.

Proyek film ini juga mendapatkan penghargaan One Cool Award, penghargaan dari perusahaan film yang berbasis di Hong Kong, One Cool Ltd.

Makbul mengungkapkan, film “Watch It Burn” kini tengah fokus ke pengembangan skenario hingga penyusunan struktur produksi.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*