Panduan Resmi Kegiatan Hari Pahlawan 2023, Hening Cipta Serentak Selama 60 Detik

Penggunaan logo Hari Pahlawan 2023. (dok.Kemensos)
Penggunaan logo Hari Pahlawan 2023. (dok.Kemensos)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Sosial mengeluarkan panduan kegiatan peringatan Hari Pahlawan, 10 November 2023. Ada hening cipta secara serentak selama 60 detik.

Peringatan Hari Pahlawan 2023 mengangkat tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema besar ini mengajak masyarakat untuk merenungkan peran pahlawan-pahlawan dalam memandu kita menuju masa depan yang lebih baik.

BACA JUGA:

Kegiatan Utama

  • Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata pada 10 November 2023 pukul 08.00 WIB.
  • Tabur Bunga di laut pada 10 November 2023 pukul 08.00 WIB di Perairan Teluk Jakarta.
  • Penganugerahan Gelar Pahlawan Nasional di Istana Negara

Kegiatan Pokok

  1. Upacara bendera di instansi pemerintah dan non pemerintah, lembaga pada 10 November 2023 pukul 08.00 waktu setempat.
  2. Pengibaran Bendera Merah Putih satu tiang penuh di setiap rumah dan lingkungan pemukiman penduduk pada 10 November 2023.
  3. Hening cipta pada 10 November 2023 selama 60 detik dimulai pukul 08.15 (waktu setempat) secara serentak di seluruh Indonesia.

Petunjuk hening cipta secara serentak 60 detik

Untuk menghormati jasa para pahlawan akan dilaksanakan Hening Cipta secara serentak selama 60 detik di seluruh Indonesia dengan ketentuan:

  • Hening Cipta selama 60 detik secara serentak dilaksanakan Jumat, 10 November 2023 pukul 08.15 waktu setempat, bertepatan dengan Upacara Peringatan Hari Pahlawan.
  • Setiap orang di mana pun berada yang mendengar tanda-tanda dimulainya Hening Cipta wajib menghentikan kegiatan selama 60 detik untuk Hening Cipta.
  • Penghentian kegiatan kerja saat Hening Cipta dikecualikan bagi mereka yang melakukan tugas di rumah sakit, kereta api yang sedang berjalan, kendaraan mobil ambulance jenazah yang sedang bertugas, kendaraan mobil pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas, kendaraan yang sedang di luar kota dan jalan tol, mereka yang sedang menjalankan tugas pengamanan, kru pesawat terbang yang sedang mengudara, kru kapal laut yang sedang berlayar.
  • Pelaksanaan Hening Cipta secara serentak dikoordinasikan dengan pihak Kepolisian, Pemda, Satuan Pengamanan (Satpam) dan Hansip setempat.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*