Jumlah Soal Tes SKD CPNS 2023, Pelamar Wajib Tahu

Peserta ujian calon pegawai negeri Sipil (CPNS)
Peserta ujian calon pegawai negeri Sipil (CPNS) (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menjawab soal tes SKD (Seleksi Kompetensi Dasar) termasuk tahapan yang harus dilalui pelamar CPNS 2023. Nah, inilah informasi terkait soal yang diketahui. 

Pelamar perlu mempersiapkan tahapan ini, karena banyak pelamar yang terhenti di tahap ini.

Misalnya para peserta tidak memenuhi skor passing grade, gagal menjawab soal atau karena yang lainnya.

Maka para peserta di tahapan ini harus dipastikan skor atau nilai SKD berada di ambang batas penilaian. Bila perlu pelamar bisa berusaha agar bisa mencapai skor tertinggi. 

BACA JUGA: 

Jumlah soal dan rincian tes SKD 2023

Dalam tes SKD ini soalnya terbagi menjadi tiga bagian dan ketentuan nilainya sebagai berikut:

  1. TWK yang jumlah ada 30 soal terkait penguasaan pengetahuan dan kemampuan bela negara, pilar negara dan yang lain. Setiap jawaban yang salah nilainya 0 dan soal benar nilainya 5 poin. 
  2. TIU dengan 35 soal dan membahas terkait kemampuan verbal dari pelamar. Seperti silogisme, analogi, kemampuan numerik, soal cerita dengan ketentuan 0 bila jawabannya salah dan 5 poin jika menjawab benar. 
  3. TKP dengan 45 soal dan membahas tentang pengetahuan dan kemampuan mengimplementasikan sosial budaya, teknologi, dll. Ketentuan dalam soal ini skornya antara 1 hingga 5 poin. 

Semua soal di atas penerapannya dengan sistem Computer Assisted Test (CAT). Sehingga dari sisi jaminan kualitas nilai yang muncul setelah ujian teruji dan terhindar dari kecurangan. 

Jumlah seluruh soal yang diujikan di SKD ada 100 soal dengan durasi 100 menit. Dengan demikian peserta harus bisa menjawab soal dengan tepat, singkat dan cepat. 

Manfaatkan waktu yang ada dan kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu untuk efisiensi waktu. 

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*