Pikat Calon Mahasiswa Baru, UNPAR Obral Beasiswa Potongan Biaya Awal Hingga 50 Persen

Belajar, Diskusi
Mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung. (KalderaNews.com/Dok.Unpar)
Sharing for Empowerment

BANDUNG, KalderaNews.com – Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) membuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) untuk tahun akademik 2024/2025 melalui jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK).

Peserta yang berhasil lulus seleksi akan memperoleh beasiswa dengan potongan biaya awal hingga 50 persen.

Pendaftaran untuk program PMDK dibuka hingga 30 November 2023 pukul 23.59 WIB. Namun harus dicatat baik-baik, biaya kuliah di UNPAR terdiri dari biaya awal, biaya per SKS (Satuan Kredit Semester) dan sumbangan solidaritas. Jadi ini baru sekadar biaya awal.

BACA JUGA:

UNPAR menawarkan 18 program studi (prodi) di tingkat S1 dan D3. Dalam jalur PMDK, siswa/i hanya diperbolehkan memilih satu prodi saja.

Calon siswa/i yang ingin mendaftar melalui jalur PMDK harus memiliki nilai setidaknya sama dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Selain itu, untuk beberapa program studi tertentu, ada beberapa persyaratan khusus yang perlu diperhatikan:

  • Program Studi ARSITEKTUR: Calon siswa harus mengirimkan hasil gambar sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.
  • Program Studi Teknik Kimia dan Teknik Elektro: Diperlukan Surat Keterangan Tidak Buta Warna.
  • Program Studi Hubungan Internasional: Uraian/motivasi/testimoni harus ditulis dalam Bahasa Inggris.
  • Program Studi Studi Humanitas (Integrated Arts): Calon siswa harus melampirkan portofolio karya yang pernah dibuat dan menulis esai sesuai dengan petunjuk soal dan ketentuan.

Selain syarat-syarat khusus di atas, berikut adalah beberapa dokumen yang harus disertakan dalam pendaftaran jalur PMDK:

  • Fotokopi rapor SMA kelas X dan XI (semester 1 dan 2)
  • Surat Keterangan Siswa Aktif dari sekolah (rekomendasi sekolah).
  • Untuk siswa dari sekolah internasional yang lolos, penyetaraan Ijazah (setara SMA) harus sudah dimiliki pada saat Daftar Ulang.
  • Siswa dengan ijazah Paket C yang lolos harus menyerahkan legalisir ijazah beserta fotokopi rapor kelas X – XII pada saat Daftar Ulang.
  • Penulisan surat motivasi (motivation letter) dengan topik “Mengapa saya memilih UNPAR dan alasan memilih Program Studi yang dipilih” dalam Bahasa Indonesia, dengan maksimal 500 kata. Khusus untuk siswa/i yang memilih Prodi Hubungan Internasional, surat motivasi harus ditulis dalam Bahasa Inggris.

Perlu dicatat bahwa semua tahapan pendaftaran jalur PMDK tidak akan dikenakan biaya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*