Kemendikbudristek Tegaskan Koleksi Hasil Repatriasi dari Belanda di Museum Nasional Tidak Ikut Terbakar

Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyambut kepulangan empat arca bersejarah dari Kerajaan Singasari dari Belanda ke Indonesia di Museum Nasional Indonesia pada Selasa, 22 Agustus 2023
Mendikbudristek Nadiem Anwar Makarim menyambut kepulangan empat arca bersejarah dari Kerajaan Singasari dari Belanda ke Indonesia di Museum Nasional Indonesia pada Selasa, 22 Agustus 2023 (KalderaNews/Dok. Kemendikbudristek)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan hasil penyelidikan awal terkait insiden kebakaran koleksi prasejarah.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Layanan Umum Museum dan Cagar Budaya (BLU MCB), Ahmad Mahendra menyampaikan laporan ini pada Minggu, 17 September 2023.

Ia mengungkapkan bahwa Museum Nasional mengalami kerusakan pada enam ruangan di Gedung A akibat kebakaran. Namun, 15 ruangan lainnya di Gedung A serta ruangan pamer di Gedung B dan C tidak terdampak oleh api, dan tidak ada penyebaran api.

BACA JUGA:

Hasil penyelidikan sementara menunjukkan bahwa beberapa koleksi yang terbakar adalah replika yang terletak di bagian prasejarah museum.

BLU MCB sedang melakukan pencatatan dampak kebakaran dan merencanakan langkah-langkah selanjutnya. Penyebab pasti kebakaran masih dalam penyelidikan oleh petugas kepolisian.

Ahmad Mahendra menegaskan bahwa upaya utama saat ini adalah mengidentifikasi dan memperbaiki ruangan museum yang terkena dampak serta memastikan keamanan benda-benda sejarah.

Ia juga menyebutkan bahwa koleksi hasil repatriasi dari Belanda tidak terdampak oleh kebakaran karena disimpan di lokasi yang jauh dari titik kebakaran.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, telah menyatakan bahwa tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sebagai tindakan pencegahan tambahan, Museum Nasional akan tetap ditutup sampai ada pemberitahuan lebih lanjut.

Selain itu, BLU MCB telah membentuk tim khusus untuk merawat dan mengamankan benda-benda sejarah dan budaya yang terkena dampak kebakaran. Mereka berkomitmen untuk terus berbagi temuan investigasi dengan publik seiring perkembangannya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*