Mahasiswa UNISNU Jepara Luncurkan Aplikasi Sistem Informasi Rambu Lalu Lintas

Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara meluncurkan sebuah aplikasi Sistem Informasi Rambu Lalu Lintas. (Dok.Unisnu)
Sharing for Empowerment

JEPARA, KalderaNews.com– Mahasiswa Universitas Islam Nahdlatul Ulama (UNISNU) Jepara meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Rambu Lalu Lintas yang dinamakan “Si Ralu”.

Aplikasi Si Ralu diluncurkan pada Hari Ulang Tahun Lalu Lintas Bhayangkara ke-68 Tahun 2023 di Mapolres Jepara, pada Selasa 12, September 2023.

Kapolres AKBP Wahyu Nugroho Setyawan meluncurkan aplikasi yang dinamakan “Si Ralu” yang merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Rambu Lalu Lintas.

Aplikasi ini tersebut hasil karya dari mahasiswa UNISNU bernama Muhammad Rovi Himawan, yang merupakan mahasiswa jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV).

Aplikasi Si Ralu terinspirasi dari aktivitas Lalu Lintas Polri. Melalui aplikasi ini,  Rovi bisa lulus Tugas Akhir perkuliahan, dan mendapatkan apresiasi dari pihak kepolisian.

BACA JUGA:

Awalnya, aplikasi ini dinamakan dengan “Ralutas” yang ia hibahkan pada satuan Lalu Lintas Polres Jepara.

Namun aplikasi itu disempurnakan dan dilengkapi AR (Augmented Reality) dan terdapat permainan puzzle serta tebak gambar yang kemudian dinamakan Si Ralu.

Game edukasi berbasis digital

Si Ralu menggunakan burung bernama Si Eter yang menjadi ikonnya. Karakter Si Eter diambil dari kata mesin terbang satwa khas Kabupaten Jepara, Elang Laut Dada Putih.

Kapolres Jepara AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan, “Si Ralu ini merupakan game edukasi berbasis digital yang berisikan rambu lalu lintas, mulai dari lampu lalu lintas, rambu perintah, rambu peringatan, rambu petunjuk dan rambu larangan.”

Kapolres menambahkan bahwa dalam mengembangkan aplikasi Si Ralu ini, Polres Jepara berkolaborasi dengan Muhammad Rovi Himawan.

Meskipun aplikasi tersebut telah dihibahkan kepada Polri, Rovi tetap bisa mendaftarkan Hak Atas Kekayaan Intelektual (HaKI) atas namanya sebagai hasil karyanya.  

Pihak Kapolres Jepara juga berharap bahwa aplikasi game Si Ralu dapat membantu masyarakat dalam mengedukasi dan mendapatkan informasi yang berkualitas serta meningkatkan partisipasi publik di dalam lalu lintas.

Sementara itu, Rovi berharap dengan hadirnya game Si Ralu bisa mengedukasi masyarakat, terutama orangtua untuk bisa memberikan pengertian kepada anak-anaknya bagaimana pentingnya keselamatan berlalu lintas sejak dini.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*