Inilah Daftar Lengkap Tanggal Hari Kemerdekaan Negara-negara di Seluruh Dunia

Peta dunia
Peta dunia (Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hingga 2023, berdasarkan data dari World Population Prospects 2022 yang diterbitkan oleh PBB, ada 234 negara yang tercatat secara de facto di seluruh dunia.

Meskipun demikian, hanya 195 negara yang diakui sebagai negara berdaulat oleh PBB. Dari jumlah tersebut, 193 negara menjadi anggota resmi PBB, sementara dua negara lainnya, yaitu Vatikan dan Palestina, memiliki status non-anggota.

Beberapa negara lainnya belum mendapat pengakuan dari PBB dikarenakan berbagai alasan, termasuk perselisihan terkait kedaulatan atau wilayah.

BACA JUGA:

Setiap negara memiliki tanggal resmi untuk merayakan Hari Kemerdekaannya masing-masing. Walaupun demikian, tidak semua tanggal tersebut merujuk pada hari proklamasi kemerdekaan.

Sebagian besar tanggal yang ditetapkan sebagai Hari Kemerdekaan dipilih untuk mengenang momen penting dalam sejarah perkembangan suatu negara.

Mengacu pada berbagai sumber yang sah, berikut ini daftar tanggal perayaan Hari Kemerdekaan dari berbagai negara di seluruh dunia:




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*