10 Program KKN yang Harus Kamu Coba, Berkesan dan Berguna Jangka Panjang

Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak
Ilustrasi: Mahasiswa KKN, mangajar anak-anak
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi mahasiswa semester akhir, KKN menjadi kegiatan wajib sebagai persyaratan kelulusan. Inilah 10 program KKN yang wajib kamu coba!

Seperti namanya, KKN bertujuan melatih mahasiswa hidup bermasyarakat dan menjadi berguna di masyarakat. KKN tidak hanya sarana menemukan jodoh, tapi mahasiswa harus bekerja nyata.

Program KKN yang baik tentu akan memberikan kesan di masyarakat. Jangan sampai kegiatan KKN kamu justru membuat masalah dan diusir warga. Sebagaimana yang banyak viral di media sosial.

BACA JUGA :

Supaya program KKN kamu berkesan dan bermanfaat jangka panjang, berikut ide program KKN yang bisa kamu coba.

1. Membuat Taman Baca

Salah satu program KKN yang akan memberikan manfaat jangka panjang adalah pembuatan taman baca.

Program KKN ini memang membutuhkan biaya yang cukup lumayan, yaitu untuk melengkapi sarana taman baca seperti rak, meja, dan buku.

Akan lebih ringan dilakukan jika program ini dapat berkoordinasi dengan pemerintah desa dan dinas Perpustakaan Daerah.

Hal pertama yang dapat dilakukan adalah mengumpulkan buku bacaan dan menentukan tempat. Jika tidak mempunyai tempat permanen, dapat menggunakan gerobak.

Konsepnya seperti gerobak baca. Bentuknya seperti gerobak bakso namun isinya buku. Dapat beroperasi setiap sore dan dapat diisi juga dengan kegiatan dongeng.

2. Membuat Perpustakaan Desa/Perpusdes

Pembuatan perpustakaan desa juga harus berkoordinasi dengan organisasi setempat. Misalnya organisasi Karang Taruna, agar program KKN ini bisa berjalan lancar dan berjangka panjang.

Bedanya perpusdes dengan taman baca adalah dari sisi formalitasnya. Kalau taman baca bisa dikelola secara pribadi. Namun perpusdes harus dikelola oleh pihak desa.

Dana mengelola perpusdes juga didapatkan dari dana desa. Sehingg, untuk membuka perpusdes sebagai Program KKN, sangat dibutuhkan dukungan pemerintah desa setempat.

3. Pembuatan website desa

Di zaman now, website desa sangat lah dibutuhkan. Karena, rata-rata warga desa mengakses informasi dari internet.

Website desa akan menjadi sumber informasi terpercaya bagi warga desa. Isinya tidak hanya terkait kegiatan desa.

Namun bisa juga terkait program bantuan pemerintah atau prestasi desa yang diraih.

4. Program TPQ (Taman Pendidikan Al-Qur’an)

TPQ ini sering menjadi andalan program KKN mahasiswa UIN atau perguruan tinggi Islam.

Program TPQ ini memang bagus. Apalagi untuk desa yang memang belum ada pendidikan Al-Qur’annya.

Namun, seringnya program TPQ ini tidak disertai dengan program kaderisasi guru ngaji. Jadi, saat KKN nya selesai, ya selesai juga program TPQ nya.

Jadi, kalau kamu membuat program TPQ ini, usahakan untuk membuat program kaderisasi guru ngaji, agar bisa lanjut dan berguna jangka panjang.

5. Pembuatan Plang RT

Pembuatan plang RT ini juga penting. Apalagi banyak warga desa yang suka belanja online.

Plang RT ini akan memudahkan orang luar desa mencari alamat rumah. Selain itu, juga dapat memudahkan para kurir mengantar paket.

6. Membuat Bank Sampah

Ini juga salah satu program KKN yang harus kamu coba karena banyak manfaatnya. Khususnya untuk mengurangi sampah dan mengolah sampah.

Isu sampah juga masih menjadi isu sentral di Indonesia. Beberapa daerah seperti Jogja juga sedang mengalami darurat sampah.

Untuk itu, program bank sampah bisa jadi program andalan KKN kamu.

7. Membuat Sanggar Seni

Program pembuatan sanggar seni juga bermanfaat untuk melestarikan kesenian daerah setempat.

Kamu bisa memanfaatkan rumah kosong di desa tempat kamu KKN. Tentunya harus dengan persetujuan warga atau kepala desa.

Seni yang bisa kamu kembangkan misalnya seni tari, seni teater, seni tongklek dan kesenian lainnya.

8. Program Celengan Koin

Program KKN celengan koin berupa pembagian celengan ke rumah-rumah warga. Celengan itu wajib diisi dengan uang logam/uang koin.

Para warga boleh menyumbang uang koin berapapun, sesuai kemampuan.

Untuk melancarkan program ini, harus dibentuk pengurus. Tugasnya adalah menghitung celengan ke rumah-rumah warga. Penghitungan celengan dapat dilakukan sebulan sekali.

Uang hasil celengan warga dapat digunakan untuk membantu warga miskin. Bisa juga untuk memperbaiki sarana desa atau kebutuhan lainnya.

9. Wirausaha untuk Ibu-Ibu PKK

Menggerakkan ibu-ibu PKK desa juga bisa menjadi pilihan program KKN kamu. Misalnya dengan memberikan pelatihan dan praktir berwirausaha bagi ibu-ibu PKK.

Kamu bisa mengolah produk dari makanan khas atau hasil kebun yang khas dari desa tempat kamu KKN.

Misalnya hasil kebun yang khas adalah buah nangka. Maka kamu bisa melatih ibu-ibu PKK untuk mengolah buah nangka menjadi kripik nangka, stick nangka atau makanan lainnya.

10. Membangun Area Bahagia/Area Santai Keluarga

Jika kamu menemukan ada ruang/tanah kosong di desa tempat kamu KKN, kamu bisa mengusulkan untuk membangun area bahagia/area santai keluarga.

Konsepnya bisa berupa taman bermain, atau berupa taman kuliner desa. Area bahagia ini bisa dimanfaatkan warga untuk santai di sore, olahraga di pagi hari, atau untuk berjualan.

Nah, itu tadi beberapa program KKN yang mempunyai manfaat jangka panjang dan berkesan. Selamat mencoba ya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*