3 Kelompok Padus SMA-Universitas dari Indonesia Toreh Prestasi Internasional di Jepang

Sharing for Empowerment

TOKYO, KalderaNews.com – Delegasi Indonesia meraih prestasi luar biasa dalam acara musik internasional.

Tiga kelompok paduan suara asal Indonesia berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam perhelatan the 38th Takarazuka International Chamber Chorus Contest yang digelar di Takarazuka Vega Hall, Takarazuka City, Prefektur Hyogo, Jepang, pada Sabtu, 22 Juli 2023.

Ketiga kelompok paduan suara tersebut adalah Paduan Suara SMAN 15 Surabaya Libels Voice, Paduan Suara El-Shaddai Universitas Sumatera Utara (USU), dan Terra Voce.

BACA JUGA:

Mereka dinilai oleh juri dari berbagai negara. Paduan Suara El-Shaddai USU, yang berpartisipasi dalam kategori Mixed Voice Choir, berhasil meraih medali perak, sementara Paduan Suara SMAN 15 Surabaya Libels Voice berhasil meraih medali perunggu pada kategori Children’s & Youth Choir.

Terra Voce mendapatkan dua penghargaan sekaligus, yaitu Audience Award dan medali perunggu pada kategori Mixed Voice Choir.

Dalam kesempatan ini, Konsul Jenderal RI Osaka, Diana ES Sutikno, menyatakan kebanggaannya atas prestasi yang diraih oleh anak-anak bangsa ini.

Keberhasilan mereka adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi para peserta, yang telah mampu memperkenalkan Indonesia di panggung internasional.

Konjen RI Osaka memberikan dukungan langsung kepada ketiga kelompok paduan suara asal Indonesia dengan hadir dan menyaksikan penampilan mereka.

Ia turut mendampingi Paduan Suara El-Shaddai USU dalam latihan persiapan sebelum tampil di panggung.

Kompetisi Setelah 4 Tahun Vakum

Kompetisi Takarazuka International Chamber Chorus tahun 2023 diikuti oleh 27 kelompok paduan suara.

Acara ini terbagi dalam lima kategori, yaitu Children’s & Youth Choir, Senior Choir, Equal Voice Choir, Mixed Voice Choir, dan Open Division for The Audience Award.

Kompetisi ini pertama kali digelar pada tahun 1984 untuk memperingati HUT ke-30 Takarazuka City. Meskipun sempat dibatalkan pada tahun 2020 karena pandemi, acara ini kembali berlanjut pada tahun 2021 dan 2022 dengan peserta terbatas dari Jepang saja.

Namun, pada perhelatan kali ini, setelah empat tahun vakum, kompetisi paduan suara Takarazuka kembali menyertakan peserta dan juri dari luar Jepang.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*