Mahasiswa Harus Tahu, Inilah 7 Kuliner Legendaris di Yogyakarta

Tugu Yogyakarta (Tugu Ngayogyakarta) menjadi simbol atau lambang dari kota Yogyakarta
Tugu Yogyakarta (Tugu Ngayogyakarta) menjadi simbol atau lambang dari kota Yogyakarta (KalderaNews/Arli Cia)
Sharing for Empowerment

YOGYAKARTA, KalderaNews.com – Yogyakarta atau Jogja menyimpan sejuta pesona kuliner yang menggugah selera. Berikut kuliner legendaris di Yogyakarta.

Bagi mahasiswa yang belajar dan tinggal di Jogja, mencoba berbagai hidangan legendaris menjadi pengalaman yang tak boleh terlewatkan.

BACA JUGA:

Berikut kuliner legendaris di Yogyakarta yang harus diketahui dan dicicipi oleh mahasiswa

1.Gudeg

Gudeg adalah hidangan khas Yogyakarta yang wajib dicicipi. Terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan, gula merah, dan rempah-rempah, gudeg memiliki cita rasa yang manis dan lembut.

Biasanya disajikan dengan ayam kampung, telur, dan sambal krecek. Cicipi gudeg di Gudeg Yu Djum atau Gudeg Pawon untuk merasakan autentisitasnya.

2. Sate Klathak

Sate Klathak adalah varian sate kambing yang menggunakan tusuk kayu dan dipanggang dengan arang kayu, memberikan cita rasa yang khas.

Makanan ini disajikan dengan bumbu kacang yang gurih dan nikmat. Nikmati Sate Klathak di Pak Pong Sate Klathak atau Sate Klathak Pak Dhuwur untuk kenikmatan kuliner yang legendaris.

3. Bakmi Jawa

Bakmi Jawa adalah mi khas Yogyakarta yang dihidangkan dengan kuah kaldu ayam yang lezat.

Nikmati bakmi Jawa dengan tambahan potongan ayam, tauge, dan taburan bawang goreng serta daun bawang.

Cobalah hidangan ini di Bakmi Jowo Pak Pele atau Warung Bakmi Mbah Gito untuk rasanya yang otentik.

4. Es Dawet Ayu

Es Dawet Ayu adalah minuman tradisional yang menyegarkan, terbuat dari santan, gula merah, biji selasih, dan sirup.

Minuman ini cocok dinikmati di tengah cuaca panas Jogja. Coba Es Dawet Ayu di depot-depot es di Malioboro atau Es Dawet Ayu Bu Dermi untuk sensasi rasa yang menyenangkan.

5. Angkringan

Angkringan adalah tempat makan sederhana dengan hidangan yang dihidangkan dalam baki.

Nikmati suasana santai dan asyik di angkringan sambil menikmati nasi kucing, geprek, sate usus, dan berbagai makanan kecil lainnya.

Kamu bisa menemukan banyak angkringan di sepanjang jalan Malioboro.

6. Wedang Ronde

Wedang Ronde adalah minuman hangat khas Yogyakarta yang cocok untuk menemani malam. Terbuat dari jahe, bola-bola ketan, dan kacang,

Ronde memberikan rasa yang khas dan menghangatkan. Cicipi nikmatnya di Warung Wedang Ronde Pak Prapto atau Warung Wedang Ronde Mbah Carik.

7. Pecel Lele

Pecel Lele adalah hidangan yang terdiri dari ikan lele goreng yang disajikan dengan sambal khas. Rasanya pedas dan gurih, cocok disantap dengan nasi hangat.

Coba Pecel Lele di Warung Bu Tumini atau Pecel Lele Lela untuk rasa yang otentik.

Bagi mahasiswa yang tinggal di Jogja, mencicipi kuliner legendaris adalah bagian dari pengalaman kuliner dan budaya yang tak terlupakan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*