Layanan Pendidikan di Banyak Desa Terpencil di Kalbar Belum Memadai

Peserta didik di SMP Katolik Kuala Dua, Dusun Kuala Dua, Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Sanggau, Kalimantan Barat
Peserta didik di SMP Katolik Kuala Dua, Dusun Kuala Dua, Kuala Dua, Kecamatan Kembayan, Sanggau, Kalimantan Barat (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Anggota Komisi X DPR RI, Adrianus Asia Sidot menegaskan kondisi geografis dengan sungai dan laut yang sangat luas, menimbulkan kendala tersendiri untuk mewujudkan pemerataan pendidikan di Kalimantan Barat (Kalbar).

Banyak desa terpencil di Kalbar belum mendapat layanan pendidikan yang memadai.

“Khusus di Kalbar ini pemerataan pendidikan, sarana prasarana, dan mutu pendidikan masih jauh. Butuh kerja keras semua stakeholder pendidikan untuk meningkatkan mutu,” katanya.

BACA JUGA:

Sidot mengungkapkan, pemerataan pendidikan yang timpang di Kalbar itu ditunjukkan dengan angka literasi, numerasi, dan pengetahuan yang rendah. Ia berharap pemerataan sarana prasarana satuan pendidikan harus terus ditingkatkan dari mulai TK, SD, SMP, sampai SMK.

Masih banyak PR lain yang harus dilakukan Pemerintah Provinsi Kalbar untuk mengakses pemerataan pendidikan. Salah satunya adalah kompetensi guru. Persoalan pelik pemerataan pendidikan ini akhirnya berdampak pula pada indeks pembangunan manusia (IPM) di Kalbar.

“Salah satu indikator IPM adalah pendidikan. Kalau pelayanan pemerataan pendidikannya masih bermasalah, bagaimana kita bisa meningkatkan IPM kita. “

“Selama pelayanan pendidikan belum memenuhi standar yang diinginkan dan standar mutu yang belum memenuhi syarat, ini jadi masalah besar bagi IPM kita. Maka itu IPM Kalbar belum naik,” tutup mantan Bupati Kabupaten Landak, Kalbar ini.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu. Tertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*