Kisah Arsinta, Mahasiswi Termuda yang Lulus UTBK-SNBT 2023, Usianya Baru 16 Tahun

Arsinta, Maba Termuda di Unair baru berusia 16 tahun (Dok. Unair)
Arsinta, Maba Termuda di Unair baru berusia 16 tahun (Dok. Unair)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hasil UTBK-SNBT 2023 telah diumumkan pada Selasa 20 Juni 2023 kemarin, tentunya seluruh peserta yang lolos merasa bahagia, termasuk Arsinta Pramita.

Siapa Arsinta Pramita? Mahasiswi termuda yang lulus di UTBK-SNBT 2023 di Unair kemarin. Berikut cerita selengkapnya tentang Arsinta Pramita.

Sebanyak 223.217 orang dinyatakan lulus dari 803.852 peserta yang mengikuti seleksi UTBK-SNBT. Artinya, hanya 27 persen yang lulus dari keseluruhan pesertanya.

BACA JUGA:

Arsinta Merupakan Mahasiswi Baru (Maba) Termuda di Unair

Seluruh mahasiswa baru yang sudah dinyatakan lulus tersebut, telah masuk ke perguruan tinggi pilihannya masing-masing.

Termasuk Arsinta Pramita Putri, mahasiswi baru di Universitas Airlangga (Unair). Arsinta Pramita Putri dinobatkan menjadi mahasiswi termuda dalam penerimaan mahasiswa baru melalui jalur UTBK-SNBT 2023.

Mengutip dari situs resmi Unair, usia Arsinta Pramita Putri berusia 16 tahun 3 bulan. Mahasiswi baru yang juga akrab dipanggil Arsinta tersebut diterima di Prodi S1 Keperawatan Unair. Arsinta merupakan alumni MA Unggulan Amanatul Ummah Pacet.

Arsinta mengaku bahwa prodi bidang kesehatan tersebut adalah impiannya sejak dulu. Menurut Arsinta, perjuangan hingga dirinya dapat lulus seleksi tersebut tidaklah mudah. Sehingga dirinya sangat bersyukur ketika lulus seleksi UTBK-SNBT 2023 kemarin.

Dirinya juga bercerita, bahwa motivasi mengambil prodi tersebut karena ibunya merupakan staf di RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

“Ibu saya pernah bilang, zaman sekarang sudah banyak teknologi AI (Artificial Intellegence) yang sudah menguasai banyak bidang pekerjaan. Menurut ibu saya, bidang kesehatan tidak bisa tergantikan oleh AI (Artificial Intelligence). Jadi, ibu mengarahkan saya untuk masuk kedokteran atau keperawatan,” kata Arsinta, dikutip dari laman resmi Unair, Kamis 22 Juni 2023.

Arsinta Mengaku Pernah Gagal pada Seleksi SNBP

Sebelum mengikuti UTBK-SNBT 2023, Arsinta juga pernah mengikuti ujian SNBP (Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi). Namun, hasilnya belum lolos. Setelah itu dirinya giat belajar untuk dapat lolos dari seleksi SNBT. Meski menurutnya mekanisme dan materi tes mengalami perubahan sehingga sempat membuatnya tidak percaya diri.

Arsinta mengaku beruntung karena pihak pondok pesantren mendukung para siswa untuk mengikuti seleksi UTBK-SNBT 2023. Jadi sekolah juga mengajarkan materi Tes Potensi Skolastis (TPS).

“Ketika kurikulum SNBT berubah dan hanya ada TPS saja, pihak pondok juga melakukan banyak upaya, seperti mengadakan try out dan mengerjakan soal TPS setiap hari,” kata Arsinta.

Arsinta Ikut Program Akselerasi SMA

Di usianya yang masih 16 tahun namun telah menjadi mahasiswi, ternyata karena Arsinta mengikuti program akselerasi saat masih duduk di bangku SMA.

Selama menjadi siswa akselerasi, Arsinta mengaku sering kelelahan saat memahami pelajaran. Namun dirinya terus bekerja keras dan bertahan.

“Saya selalu bertanya pada guru saat pembelajaran berlangsung. Saat malam hari, saya juga selalu bertanya kepada teman-teman saya jika ada materi yang belum saya pahami,” jelas Arsinta.

Arsinta juga berharap dapat memberikan manfaat untuk banyak orang dengan ilmu yang ia peroleh saat kuliah dan mengembangkan potensi yang dimilikinya ketika sudah lulus.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*