Masyarakat Finlandia Terkesima Kelezatan Rendang Hingga Dendeng

Pengunjung Indonesia Finland Festival pada 10 Juni 2023
Pengunjung Indonesia Finland Festival pada 10 Juni 2023 (KalderaNews/KBRI Helsinki)
Sharing for Empowerment

HELSINKI, KalderaNews.com – Lebih dari 2.500 pengunjung yang memadati Lapangan Narinkkatori di Ibu Kota Helsinki, Finlandia, merasakan sensasi masakan lezat khas Tanah Air seperti rendang, dendeng balado, atau bakso cuangki.

Mereka jujga tak ragu turut menari bersama dalam iringan irama-irama rancak dari kesenian khas Betawi di Indonesia Finland Festival pada 10 Juni 2023 lalu.

Duta Besar RI untuk Finlandia dan Estonia Ratu Silvy Gayatri menegaskan orang Indonesia mengenal Finlandia sebagai negara paling bahagia di dunia, tapi sayangnya banyak orang Finlandia yang belum mengenal Indonesia.

Festival ini sekaligus diramaikan kontingen seniman binaan Dinas Kebudayan DKI Jakarta, yang sengaja terbang ke Finlandia untuk menampilkan beragam tarian serta lagu kombinasi seni tradisi dan kontemporer. 

BACA JUGA:

Penampilan seniman dari DKI ini disambut meriah oleh pengunjung, sampai banyak orang yang turut berjoget ketika lagu-lagu betawi, seperti ‘Ondel-Ondel’ dan ‘Hujan Gerimis’ dimainkan. 

Puncaknya, warga diaspora bersama orang-orang Finlandia tumpah ruah menari mengikuti irama ‘Gemu Fa Mi Re’, yang kini dikenal sebagai musik wajib tarian dan senam massal.

Mereka juga menikmati kelezatan rendang hingga dendeng.

Kolaborasi Indonesia – Finlandia

Tak hanya dari aspek seni, diplomasi kebudayaan di Helsinki itu juga turut mendatangkan delegasi asal Kabupaten Sumedang, yang menampilkan olahan kopi-kopi varian Nusantara, bersama dengan kerajinan tradisional dalam bendera Pesona Manikam. 

Acara pada 2023 menurut para pengunjung lebih meriah dibanding festival perdana tahun lalu, meski tak lagi digelar dua hari berturut-turut.

Pengunjung silih berganti datang karena lokasi acara yang strategis di dekat mal besar serta titik stasiun kereta penting Ibu Kota Helsinki.

Jari Sinkari, Direktur Jenderal Amerika dan Eropa Kementerian Luar Negeri Republik Finlandia, sangat mengapresisasi kembali digelarnya festival Indonesia-Finlandia.

Sebagai diplomat yang pernah ditugaskan menjadi dubes di Jakarta, Sinkari mengaku adanya festival ini mengobati kerinduannya pada masakan Nusantara yang lezat.

Diketahui, Indonesia dan Finlandia menjalin hubungan diplomatik sejak 1954. Kedua negara memiliki nilai-nilai yang beririsan, khususnya penghormatan terhadap demokrasi dan pentingnya pembangunan keberlanjutan. 

Menurut Sinkari, Indonesia memiliki keunggulan di berbagai produk kebudayaan dan kekayaan alam, sementara Finlandia memiliki terobosan teknologi yang bisa menjadi titik kolaborasi lebih lanjut antara kedua negara.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*