Minat Masuk SMK? Simak Dulu 4 Tips Memilih Sekolah Kejuruan Berikut Ini

Digitalisasi Program Studi di SMK Harus Digalakkan
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meninjau perkembangan bantuan Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang disalurkan di SMK Negeri 9 Bandung, Kamis, 21 Februari 2019 (KalderaNews/Kemendikbud)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Bagi siswa SMP Sederajat yang sudah lulus tentu ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi. Minat masuk SMK?

Banyak pilihan sekolah setelah lulus SMP Sederajat, seperti SMA, MA atau SMK. Nah, dalam memilih dan menentukan sekolah juga sebaiknya perlu diperhatikan beberapa hal penting.

Pilihan sekolah setelah SMP Sederajat itu sebaiknya disesuaikan dengan minat dan bakat siswa. Selain itu pula, pertimbangan biaya, fasilitas maupun lainnya juga tak kalah pentingnya. Pilihan masuk sekolah kejuruan atau SMK saat ini menjadi pilihan yang bagus.

Pilihan sekolah SMK biasanya dipilih siswa dan orangtua yang berorientasi kerja setelah lulus. Karena siswa SMK memang dipersiapkan agar siap terjun ke dunia pekerjaan/industri.

Minat siswa masuk SMK tidak seperti puluhan tahun lalu, SMK kini lebih banyak diminati oleh siswa dan orang tua.

BACA JUGA:

Menurut hasil survei Kemendikbudristek bersama Markplus Inc, menunjukkan bahwa 82 persen masyarakat tertarik dengan SMK.

Meski demikian, pilihan sekolah dan jurusan di SMK juga beragam. Lebih dari 14.000 SMK dengan 49 pilihan Program Studi dan 146 kompetensi di seluruh Indonesia.

Berikut tips dalam memilih SMK agar lebih mantap dalam menjalani prosesnya ke depan. Tips memilih SMK ini dikutip dari laman Ditjen Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek.

Menentukan Terlebih Dahulu Jurusan Yang Benar-benar diinginkan

Penentuan jurusan akan menentukan dengan minat dan bakat siswa. Jika memang sesuai dengan passion, nantinya akan lebih mudah dalam mengikuti proses belajar di SMK.

Misal, jika passionnya suka dengan fashion, maka pilihlah jurusan Tata Busana. Atau jika suka memasak, lebih baik memilih jurusan Tata Boga.

Mencari Info SMK Terbaik pada Jurusan Yang Dipilih

Sangat banyak cara untuk mengetahui informasi mengenai sekolah. Biasanya, setiap sekolah memiliki laman resmi tentang info PPDB.

Kalian dapat membandingkan informasi antar sekolah yang kalian minati nantinya.

Membuat Catatan Kelebihan dan Kekurangan SMK yang Diminati

Kemudian, kalian juga dapat mencatat apa saja kelebihan dan kekurangan sekolah yang akan kalian masuki nantinya. Dengan membuat catatan, kalian dapat membandingkan antar sekolah satu dengan lainnya.

Pastikan sudah yakin dengan kelebihan maupun kekurangan yang dipilih tersebut. Misal tentang biaya dan jarak sekolah.

Bisa Meminta Pertimbangan Orangtua atau Guru

Orang tua juga bisa kalian mintai pertimbangan sebelum menentukan sekolah. Ini penting, karena orangtua dan guru juga bisa tahu minat dan bakat kalian di bidang apa.

Dengan begitu, nantinya akan lebih yakin dan mantap ketika mengikuti pembelajaran di sekolah.

Demikian 4 Tips sebelum kalian memilih SMK. Semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*