Patut Jadi Inspirasi Anak Indonesia! Begini Sosok Ahmad Munjizun, Pemuda Kampung Yang Meraih Gelar Doktor Peternakan di Amerika

Ahmad Munjizun Saat Pidato Gelar Doktor di Amerika (KalderaNews.com/lst.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Siapa sangka, jika Ahmad Munjizun yang merupakan anak kampung asal Pulau Lombok, NTB itu akhirnya meraih gelar doktor peternakan di Amerika.

Jizun, begitu dirinya akrab dipanggil, tengah viral di media sosial beberapa waktu lalu.

Jizun viral di media sosial saat dirinya tengah berpidato dalam acara penganugerahan gelar doktor dari Universitas North Carolina State University, Amerika Serikat.

Di depan hadirin dan teman-temannya, dirinya mengaku tak pernah menyangka akan meraih gelar doktor di kampus terkenal.

Tak kuasa menahan air mata, dirinya bercerita sekilas mengenai latar belakang keluarganya.

Jizun, ketika masih kecil sering membantu orang tuanya beternak di kampung.

“Saya datang dari Indonesia, dari sebuah desa kecil, di pulau kecil bernama Lombok (NTB). Sebagai seorang anak, saya tumbuh memelihara binatang, kuda poni, dan sapi,” kata Ahmad Mujizun dikutip dari akun Instagram lagi.viral, Selasa, 30 Mei 2023.

BACA JUGA:

Pria kelahiran 1992 merupakan anak keempat dari 22 bersaudara. Tinggal di sebuah desa terpencil, tidak lantas membuat dirinya minder.

Jizun dikenal sebagai anak yang cepat paham dan cerdas. Dalam pidatonya, dirinya mengaku sempat tak percaya akan meraih gelar tinggi di salah satu universitas terbaik dunia.

Jizun juga dikenal sebagai anak yang patuh dan nurut dengan orang tua. Hal itu yang diajarkan orang tuanya semenjak kecil.

Sehari-hari bersama kuda

Sehari-harinya, ketika di rumah waktunya dihabiskan bersama kuda. Hal itu juga diungkapkan Junardi, selaku teman dekatnya.

“Sehari-harinya dari kecil memang selalu bersama kuda. Bahkan mungkin tidur pun bersama kuda,” canda Junardi.

Selain itu, Jizun dikenal sebagai pemuda yang sangat mudah hafal materi dan cepat menguasai Bahasa Inggris.

Jizun juga pernah menyelesaikan tugas akhir Skripsi dalam waktu satu minggu saja. Hal ini diungkapkan oleh orang tuanya, TGH M Hijazi Umar.

“Selanjutnya Jizun mengerjakan dan menyodorkannya kepada dosennya langsung diterima,” ungkap TGH M Hijazi Umar.

Sosok Ahmad Munjizun memang sangat menginspirasi pendidikan di Indonesia. Tak hanya anak orang mampu dan serba kecukupan saja yang dapat menempuh pendidikan tinggi.

Justru dengan berbagai keterbatasan, namun dengan tekad dan doa orang tua cita-cita setinggi apapun akan dapat diraih dengan hasil maksimal.

Meski dari kampung, sosok Jizun membuktikan bahwa dirinya juga mampu bersaing di kancah dunia!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*