Vaksin HPV Gratis untuk Siswi Kelas 5 dan 6 SD, Apaan Tuh!

Ilustrasi: Vaksinasi untuk anak. (KalderaNews.com/Ist.)
Vaksinasi untuk anak (KalderaNews.com/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Siswi kelas 5 dan 6 SD akan segera menerima vaksin HPV gratis. Apa sih vaksin HPV itu? Berikut ini penjelasannya!

Menteri Kesehatan, Budi Gunadi Sadikin mengatakan, vaksinasi HPV gratis ini akan menjadi bagian dalam program imunisasi rutin.

BACA JUGA:

Vaksinasi HPV bisa untuk membantu melindungi tubuh dari jenis HPV tertentu yang dapat menyebabkan kanker atau kutil kelamin.

Vaksin ini dikenal dengan nama Gardasil 9 yang pada dasarnya bisa melindungi:

  • HPV tipe 16 dan 18, yakni dua tipe yang menyebabkan 80 persen kasus kanker serviks
  • HPV tipe 6 dan 11, yang dapat menyebabkan 80 persen kasus kanker serviks
  • Lima jenis HPV lainnya (tipe 31, 33, 45, 52, dan 58) yang dapat menyebabkan kanker serviks, anus, vulva atau vagina, penis, atau tenggorokan.

Usia berapa vaksin HPV diberikan

Nah, semua orang berusia 9 sampai 45 tahun dapat memperoleh vaksin HPV.

Tetapi, vaksinasi ini sebaiknya dilakukan sedini mungkin, yaitu mulai usia 9 – 11 tahun dan belum pernah berhubungan seksual.

Nyatanya, rekomendasi ini telah terbukti dapat menurunkan kemungkinan terkena kanker dan kutil kelamin yang disebabkan oleh HPV hingga 99 persen.

“Vaksin akan diberikan pada usia 11 sampai 12 seharusnya. CDC dan WHO rekomen di usia segitu. Tetapi ada penelitian, anak usia 9 tahun ada baiknya dikasihkan vaksin ini, karena ini usia anak-anak udah mens dan sebelum berhubungan seks sudah kita kasih,” kata spesialis dermatologi venereology, dr Amelia Setiawati Soebyanto, SpDV.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*