Ini Alasan Program Kampus Mengajar Tidak Hanya Sasar SD dan SMP,  Tapi Kini Diperluas di Jenjang SMK

Siswa SMK. (Ist.)
Siswa SMK. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com –  Program Kampus Mengajar mencetak sejumlah terobosan baru. Selain melibatkan mahasiswa vokasi sebagai peserta program, untuk angkatan keenam memperluas cakupan sekolah sasaran ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). 

Pelibatan mahasiswa vokasi dan SMK diharapkan dapat mendorong peningkatan kualitas pendidikan vokasi di Indonesia.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kiki Yuliati menegaskan jika awalnya sekolah sasaran di program Kampus Mengajar hanya ada di jenjang SD dan SMP, di angkatan ke-6 ini sekolah sasarannya kami tambah hingga ke jenjang SMK.

BACA JUGA:

Menurutnya, tantangan yang dihadapi di masa depan akan kian kompleks. Oleh karena itu, pembelajaran mahasiswa vokasi di dalam kelas saja menjadi tidak cukup lagi. 

Mahasiswa harus menggali dan menemukan berbagai pengalaman baru yang lebih kompleks untuk mengasah keterampilan teknis dan nonteknis di luar ruang kelas. Salah satunya adalah dengan mengikuti program Kampus Mengajar.

“Program ini akan memberikan pengalaman berharga dan unik karena selama pelaksanaannya mahasiswa akan menghadapi persoalan yang nyata yang akan melatih daya kreatif, inovasi penyelesaian masalah, manajemen tim, dan sebagainya,” jelas Dirjen Diksi.

Hal ini tidak hanya akan berdampak pada mahasiswa, khususnya mahasiswa vokasi saja, tetapi juga akan berdampak pada penguatan siswa SMK yang menjadi sasaran dari program tersebut.

Periode pendaftaran program Kampus Mengajar Angkatan 6 sendiri ditutup 28 Mei mendatang, yang disediakan bagi 21.500 mahasiswa terpilih. Para pendaftar akan mengikuti berbagai rangkaian seleksi sebelum akhirnya bisa diterjunkan ke 4.300 sekolah yang menjadi target sasaran mulai dari jenjang SD, SMP, dan SMK di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*