Ratusan Ribu Siswa SMP Bersaing di Ajang OSN, Jumlah Peserta Meningkat

Peserta OSN SMP tingkat kabupaten kota. (Dok.Puspresnas)
Peserta OSN SMP tingkat kabupaten/kota. (Dok.Puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Sebanyak 135.907 siswa SMP bersaing di ajang OSN Kabupaten/Kota yang digelar serentak pada 16-17 Mei 2023.

Olimpiade Sains Nasional (OSN) dilaksanakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) sebagai Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kemendikbudristek

“OSN menjadi wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu berusaha mengembangkan daya nalar, kreatif, dan berkemampuan berpikir kritis,” papar Kepala BPTI, Asep Sukmayadi.

BACA JUGA:

OSN-K ini merupakan rangkaian awal dari pelaksanaan seleksi jenjang SMP/MTs tahun 2023.

Setelah OSN tingkat Kabupaten/Kota, para peserta didik yang lolos akan mengikuti tahapan selanjutnya yaitu mengikuti Olimpiade Sains Nasional Tingkat Provinsi (OSN-P) dan yang terbaik akan lolos ke tingkat Nasional.

Pelaksanaan OSN-K tahun ini dilaksanakan secara daring melalui aplikasi mobile phone android.

Para siswa SMP/MTs bersaing di ajang OSN dengan tiga bidang yang dilombakan yaitu Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS).

Sebanyak 45.050 siswa mendaftar pada bidang Matematika, 46.006 siswa mendaftar pada bidang IPA, dan sebanyak 44.851 mendaftar pada bidang IPS.

Peserta di ajang OSN meningkat

Dari data yang dihimpun oleh BPTI tersebut jumlah peserta di tahun ini meningkat tiga kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Pada 2022 total peserta OSN SMP/MTs berjumlah 45.307 peserta.

Gelaran OSN 2023 mengusung tema “Berprestasi Membangun Kolaborasi”.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*