Nasi Padang, Siomay, dan Pempek Masuk Daftar 10 Makanan Terbaik Asia Tenggara 2023

Nasi padang. (Ist.)
Nasi padang. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Tiga makanan asal Indonesia, nasi padang, siomay, dan pempek masuk 10 besar makanan terbaik di Asia Tenggara 2023.

Situs panduan wisata kuliner Taste Atlas merilis daftar 10 makanan dan minuman terbaik Asia Tenggara pada pertengahan Maret 2023.

Dalam daftar tersebut ada beberapa hidangan khas dari Indonesia. Peringkat teratas ditempati nasi Padang, yang menjadi makanan terenak di Asia Tenggara versi Taste Atlas dengan skor 4,9 dari 5 poin.

BACA JUGA:

Menurut Taste Atlas, karakter yang menonjol dari masakan Padang adalah penggunaan rempah dan bumbu yang banyak. Restoran masakan Padang juga dinilai punya gaya penyajian yang unik.

“Pelayan (restoran masakan Padang) biasanya menyajikan nasi dan berbagai jenis hidangan, atau sesuai pesanan, di mana pelanggan bisa memilih hidangan yang mereka inginkan untuk ditaruh di atas nasi,” tulis Taste Atlas.

Selain nasi Padang, produk kuliner Indonesia yang masuk ke daftar ini adalah siomay dan pempek.

Meski namanya dekat dengan makanan asal Tiongkok, yakni siu mai atau shumai, siomay dikenal sebagai kuliner khas Bandung yang menggabungkan kukusan daging giling dengan telur rebus, kol, kentang, pare, dan bumbu kacang.

Adapun pempek merupakan makanan khas Palembang, berupa campuran daging ikan dan adonan tepung yang kemudian diberi cuko atau kuah cuka. Siomay dan pempek mendapat skor setara dengan minuman thai iced tea dari Thailand.

Taste Atlas merupakan situs kuliner asal Kroasia yang banyak mengulas hidangan tradisional dan restoran autentik. Situs ini telah membuat ulasan tentang lebih dari 10.000 makanan dan minuman dari berbagai negara.

Nah, berikut daftar lengkap 10 makanan dan minuman terbaik di Asia Tenggara versi Taste Atlas:

  1. Nasi Padang (Indonesia): 4,9 poin
  2. Phanaeng Curry (Thailand): 4,8 poin
  3. Roti Canai (Malaysia): 4,8 poin
  4. Banh Mi (Vietnam): 4,7 poin
  5. Siomay (Indonesia): 4,7 poin
  6. Thai Iced Tea (Thailand): 4,7 poin
  7. Khao Soi (Thailand): 4,7 poin
  8. Bo Kho (Vietnam): 4,7 poin
  9. Nuoc Cham (Vietnam): 4,7 poin
  10. Pempek (Indonesia): 4,7 poin

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*