30 Maret, Hari Film Nasional, Begini Sejarah dan Temanya

Ilustrasi: Usmar Ismail, Bapak Film Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: Usmar Ismail, Bapak Film Nasional. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hari Film Nasional 2023 diperingati setiap 30 Maret. Inilah sejarah dan tema peringatan pada tahun ini.

Hari Film Nasional (HFN) merupakan salah satu hari penting nasional sebagai bentuk apresiasi dan dukungan terhadap dunia perfilman di Indonesia.

Peringatan Hari film ini tak lepas dari sosok H.Usmar Ismail, seorang sutradara ternama di Indonesia.

BACA JUGA:

Sejarah Hari Film Nasional

Penetapan 30 Maret sebagai Hari Film Nasional berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 25 tahun 1999.

Sebab pada 30 Maret 1950 untuk pertama kalinya sebuah film diproduksi oleh perusahaan Indonesia dan disutradarai oleh orang Indonesia, H. Usmar Ismail.

Dalam Keppres yang ditandatangani oleh Presiden RI Bacharuddin Jusuf Habibie (B. J. Habibie) pada tanggal 29 Maret 1999 itu disebutkan bahwa tanggal 30 Maret ditetapkan sebagai Hari Film Nasional.

Pada 11 Oktober 1962 Dewan Film Indonesia dengan organisasi perfilman dalam salah satu keputusan konferensi kerja menetapkan hari shooting pertama dalam pembuatan film nasional yang pertama yang berjudul ‘The Long March (Darah dan Doa)’ yakni pada tanggal 30 Maret 1950 sebagai Hari Film Indonesia.

Usmar Ismail, produser sekaligus sutradara film tersebut dan juga Djamaludin Malik diangkat sebagai Bapak Perfilman Nasional. Keduanya merupakan dwi-tunggal tokoh film nasional setelah kemerdekaan Republik Indonesia.

Tema Hari Film Nasional 2023

Tahun ini, Hari Film Nasional 2023 adalah peringatan Hari Film Nasional ke-73. Tema yang diangkat adalah “Bercermin Pada Masa Lalu, Merencanakan Masa Depan”.

Momentum Hari Film Nasional 2023 sebagai ajang untuk meningkatkan rasa percaya diri atas kualitas film anak bangsa.

Rangkaian kegiatan Hari Film Nasional berlangsung pada 6-11 Maret 2023.

Sebanyak 50 orang pembicara lintas-disiplin dan pemangku kepentingan akan hadir membahas beberapa isu seputar dunia perfilman nasional.

Peringatan Hari Film Nasional 2023 juga akan menjadi ajang pembahasan harmonisasi undang-undang dan peraturan terkait perfilman, pengarsipan dan akses data film, perizinan produksi-ekshibisi-sensor film, dan pengembangan pasar serta persaingan usaha.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*