Jangan Sampai Lupa, Ada Gerhana Matahari Saat Bulan Ramadan Lho

Ilustrasi: Gerhana matahari sebagian yang bisa diamati di beberapa wilayah di Indonesia. (Ist.)
Ilustrasi: Gerhana matahari sebagian yang bisa diamati di beberapa wilayah di Indonesia. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Menarik, akan terjadi fenomena gerhana Matahari saat bulan Ramadan tahun ini. Fenomena ini bisa diamati di beberapa wilayah Indonesia.

Gerhana matahari saat bulan Ramadan ini diperkirakan terjadi pada 20 April 2023, dengan pembagian waktu berbeda setiap daerahnya.

Dikutip melalui laman Observatorium Bosscha ITB dan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Gerhana Matahari ini menjadi salah satu pemandangan alam yang menakjubkan dan spesial.

BACA JUGA:

Gerhana Matahari saat Ramadan

Gerhana Matahari yang akan terjadi pada 20 April 2023 mendatang menjadi spesial karena berupa gerhana Matahari hibrid yang jarang terjadi.

Di wilayah Indonesia Timur akan terjadi Gerhana Matahari Total (GMT) dan daerah lainnya akan teramati sebagai gerhana Matahari parsial.

Johan Muhamad, Peneliti Pusat Riset Antariksa BRIN menjelaskan, GMT di wilayah timur Indonesia akan berlangsung selama 1 menit 16 detik.

Beberapa wilayah yang akan dilalui GMT 2023 adalah Fakfak, Teluk Bintuni, Teluk Wondama, Kepulauan Yapen, dan beberapa daerah lain di Papua Barat.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*