Asal Usul dan Makna Hari Raya Nyepi

Pura Ulun Danu Beratan di tepi Danau Bedugul Tabanan, Bali
Pura Ulun Danu Beratan di tepi Danau Bedugul Tabanan, Bali (KalderaNews/JS de Britto)
Sharing for Empowerment

DENPASAR, KalderaNews.com – Hari Raya Nyepi sudah di depan mata. Tahun Baru Saka 1945 atau Hari Raya Nyepi 2023 jatuh pada Rabu, 22 Maret 2023. Pemerintah juga telah menetapkan cuti bersama Hari Raya Nyepi 2023 pada Kamis, 23 Maret 2023. Penetapan ini tertuang dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama 2023.

Nyepi adalah hari suci bagi umat Hindu. Hari Raya Nyepi ini merupakan peringatan Tahun Baru Saka berdasarkan penanggalan Saka atau penanggalan Hindu.

Menurut situs Kabupaten Buleleng, Hari Raya Nyepi merupakan peringatan tahun baru umat Hindu yang telah ada sejak 78 Masehi.

BACA JUGA:

Asal muasal Nyepi adalah hari raya keagamaan bagi umat Hindu di India. Kisah Hari Raya Nyepi sudah ada sejak awal abad Masehi atau bahkan lebih awal.

Peringatan Tahun Baru Saka yang kemudian dikenal dengan Nyepi merupakan peringatan hari kejayaan kepemimpinan Raja Kanishha I untuk mempersatukan bangsa-bangsa yang berperang.

Pada saat itu, pertikaian antar suku-suku bangsa silih berganti untuk merebutkan kekuasaan hingga menyebabkan kehidupan beragama terombang-ambing.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*