Aktivitas Erupsi Gunung Merapi Masih Tinggi, Awas Guguran Lava dan Awan Panas

Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali meluncurkan guguran lava pada Sabtu siang, 11 Maret 2023
Gunung Merapi yang terletak di perbatasan Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah kembali meluncurkan guguran lava pada Sabtu siang, 11 Maret 2023 (KalderaNews/Ignatius Kukuh)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pada Sabtu, 11 Maret 2023 pukul 12:12 WIB masyarakat sekitar Gunung Merapi dikejutkan dengan terjadinya rentetan awan panas guguran di Gunung Merapi yang bersumber dari longsoran kubah lava barat daya.

Berdasarkan pantauan Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Daerah Istimewa Yogyakarta hingga pukul 16.00 WIB, tercatat terjadi 24 kali awan panas guguran.

“Kami mendapat laporan dari BPPTKG, siang tadi pukul 12:12 WIB telah terjadi rentetan awan panas guguran di Gunung Merapi, dan hingga pukul 15:00 WIB telah terjadi sebanyak 21 kali awan panas guguran dengan jarak luncur kurang lebih lebih 4 km ke arah barat daya yaitu di alur Kali Bebeng dan Krasak,” ujar Kepala Badan Geologi Sugeng Mujiyanto.

BACA JUGA:

“Pada saat kejadian, angin di sekitar Gunung Merapi bertiup ke arah barat laut-utara. Awan panas guguran ini menyebabkan hujan abu ke beberapa tempat terutama di sisi barat laut-utara Gunung Merapi dan mencapai Kota Magelang,” lanjut Sugeng.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*