Tutup 9 April 2023, Daftar Sosialisasi Proposal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat 13-14 Maret 2023 di Sini

Mural bertema Covid-19 oleh Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur di Pedurenan
Mural bertema Covid-19 oleh Mahasiswa KKN Universitas Budi Luhur di Pedurenan, Tangerang (KalderaNews/Dok. UBL)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek melalui Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian Masyarakat telah membuka penerimaan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tahun 2023.

Penerimaan proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dibuka mulai 9 Maret hingga 9 April 2023. Adapun skema penelitian yang dibuka pada tahun ini meliputi dua skema antara lain skema penelitian dasar dan skema penelitian terapan.

Skema penelitian dasar mencakup penelitian fundamental (reguler), penelitian kerja sama dalam negeri, penelitian pascasarjana (tesis magister dan disertasi doktor), dan penelitian dosen pemula; sedangkan skema penelitian terapan mencakup jalur hilirisasi.

BACA JUGA:

Untuk skema pengabdian masyarakat terdiri dari tiga skema meliputi skema Pemberdayaan Berbasis Masyarakat (PBM), Skema Pemberdayaan Berbasis Kewirausahaan (PBK), dan Skema Pemberdayaan Berbasis Wilayah (PBW).

Program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat memberikan bantuan pendanaan kepada perguruan tinggi dalam mengembangkan riset dan inovasinya demi meningkatkan daya saing bangsa.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*