Tip Membangun Portofolio Periset dan Kelompok Riset

Riset dan Inovasi Covid 19
Riset dan Inovasi Covid 19 (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Peneliti Pusat Riset Biomassa dan Bioproduk, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Prof. Dr. Widya Fatriasari berbagi pengetahuan dan pengalamannya dalam mempublikasi karya tulis ilmiah di jurnal internasional.

Membangun portofolio periset dan kelompok riset yang kompetitif itu penting. Ia pun berbagi tipnya:

  1. Self-motivation adalah yang paling penting sebagai motor penggerak untuk mencapai tujuan apapun termasuk publikasi dan lainnya.
  2. Harus selalu belajar bagaimana melakukan upgrading baik science dan inovasi
  3. Memetakan kelemahan dan kelebihan lingkungan ekosistem riset dan bagaimana belajar menempatkan diri untuk mencapai tujuan
  4. Bisa menerapkan strategi dengan planning dan doing action.

BACA JUGA:

Periset yang sudah menghasilkan 167 publikasi baik nasional dan internasional dan 24 paten ini juga menjelaskan bagaimana membangun kelompok riset yang kompetitif.

  1. Bagaimana membuat roadmap pengembangan kelompok riset dalam hal SDM maupun program.
  2. Membangun tim riset yang bertumbuh untuk menciptakan pemenang
  3. Fokus pada kompetensi kelompok riset dan mencoba untuk memberi ruang untuk mengembangkan kompetensi individu
  4. Membangun jejaring kolaborasi dan branding kelompok riset.
  5. Memanfaatkan peluang pendanaan seoptimal mungkin.

“Kelompok riset kami memanfaatkan kolaborasi dengan universitas baik nasional maupun internasional dengan skema PKS (Perjanjian Kerja Sama) dan non PKS. Saya juga memanfaatkan Pusat Kolaborasi Riset dan berkomitmen untuk mencapai capaian yang dipersyaratkan,” sebutnya.

“Kerjasama itu harus dilakukan di BRIN baik di dalam kelompok riset atau antar kelompok riset di dalam Pusat Riset Biomassa dan Bioproduk, dalam satu organisasi riset, dan lintas organisasi riset. Rencana yang akan dilakukan selanjutnya adalah bekerja sama dengan pemerintah daerah selain dengan industri,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*