Peneliti Belanda, Frank Hoogerbeets Sebut Indonesia Bakal Gempa Besar, Ini Tanggapan BMKG

Frank Hoogerbeets, peneliti dari Belanda. (@SSGEOS)
Frank Hoogerbeets, peneliti dari Belanda. (@SSGEOS)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Peneliti Solar System Geometry Survey (SSGEOS) memprediksi akan adanya gempa bumi di sejumlah wilayah di Indonesia.

Diprediksi gempa dengan magnitudo di atas 7, bahkan di atas 8 bakal terjadi pada awal Maret 2023.

“Sekali lagi, mungkin ada peristiwa seismik lebih dari 7, mungkin lebih dari 8 magnitudo,” kata peneliti SSGEOS Frank Hoogerbeets dalam video di kanal @SSGEOS.

BACA JUGA:

Dalam unggahan itu, Frank menyebut kemungkinan aktivitas seismik di sejumlah wilayah yakni Kamchatka, Kepulauan Kuril, Jepang utara, dan Filipina.

“Dan juga menandai Sulawesi, Halmahera, bahkan mungkin Laut Banda Indonesia,” ujar Frank.

Siapakah Frank Hoogerbeets?

Frank Hoogerbeets adalah seorang peneliti dari Belanda yang bekerja di Solar System Geometry Survey (SSGS).

SSGS merupakan lembaga penelitian yang bekerja memantau geometri antara benda langit dan Bumi, kemudian menghubungkannya dengan aktivitas seismik.

Frank Hoogerbeets menjadi pembicaraan banyak orang setelah setelah mentwit bahwa akan ada gempa besar melanda Turki hingga Lebanon 3 hari sebelum gempa pada 6 Februari 2023.

Tanggapan BMKG

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Daryono mengatakan, belum bisa mempercayai prediksi gempa hingga saat ini.

“Saya seismologist, semua landasan berpikir berdasarkan konsep empirik yang jelas, saya tidak termasuk yang mudah percaya prediksi gempa,” kata Daryono.

Teori atau konsep prediksi gempa ada dan bahkan sangat banyak, namun menurut dia, sejauh ini tidak ada yang valid konsisten.

Daryono menambahkan, hendaknya prediksi gempa jangan sampai membuat masyarakat khawatir berlebihan hingga ketakutan.

Tapi, prediksi tersebut bisa dijadikan tanda bahwa kita mesti selalu waspada terhadap gempa bumi yang bisa melanda kapan pun.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*