22 Februari, Hari Kepanduan Dunia, Rayakan Ulang Tahun Pendiri Pramuka, Robert Baden Powell

Ilustrasi: Pendiri organisasi kepanduan dunia, Robert Stephenson Smyth Baden-Powell (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Ilustrasi: Pendiri organisasi kepanduan dunia, Robert Stephenson Smyth Baden-Powell (KalderaNews.com/repro: y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 22 Februari dikenang sebagai Hari Bapak Pandu Dunia, Baden Powell. Ia adalah pendiri Gerakan Kepanduan Dunia.

Baden Powell bernama lengkap Robert Stephenson Smyth Baden Powell.

Tanggal ini juga kemudian dikenang sebagai Hari Kepanduan Sedunia. Hari ini dirayakan tepat pada hari ulang tahun pendiri kepanduan dunia Robert Baden Powell.

BACA JUGA:

Baden Powell dilahirkan pada 22 Februari 1857 di London, Inggris. Baden Powell ditetapkan sebagai Bapak Pandu Dunia, karena pengalamannya yang mendasari pembinaan remaja di Inggris, bernama Boy Scout.

Dari pembinaan inilah yang kemudian berkembang menjadi gerakan kepanduan atau yang di Indonesia dikenal sebagai Pramuka.

Menulis buku kepanduan

Pada awal 1908, Baden Powell menulis pengalaman untuk acara latihan kepramukaan. Kumpulan kisah itu menjadi sebuah buku berjudul “Scouting For Boys”.

Buku itu cepat tersebar di Inggris dan negara-negara lain yang kemudian mendirikan organisasi kepramukaan yang semula hanya untuk laki-laki.

Lalu, adik Baden Powell, Agnes Powell mendirikan organisasi kepanduan bagi perempuan dengan nama Girls Guides yang diteruskan oleh istri Baden Powell. Girls Guides lalu berganti nama menjadi Girls Scout.

Baden Powell membuat buku yang bertujuan untuk mengelompokkan usia Pramuka. Dan pada 1916 berdiri kelompok Pramuka usia siaga. Tahun 1918 berdiri kelompok Pramuka bagi mereka yang telah berusia 17 tahun.

Lantas, pada 1920 diadakan Jambore Pandu Dunia pertama di London. Baden Powell mengundang 27 negara yang memiliki organisasi Pramuka.

Saat itulah, Baden Powell diangkat sebagai Bapak Pandu Sedunia (Chief Scout of The World).

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*