Mahasiswa UMBY Upgrading Perpustakaan Kuwangen Kidul di Gunung Kidul

Perpustakaan Dusun Kuwangen Kidul resmi dibuka kembali sejak Kamis, 2 Februari 2023
Perpustakaan Dusun Kuwangen Kidul resmi dibuka kembali sejak Kamis, 2 Februari 2023 (KalderaNews/Galuh Prabawati)
Sharing for Empowerment

GUNUNG KIDUL, KalderaNews.com – Kesadaran untuk mengembangkan literasi sudah tumbuh di Kabupaten Gunung Kidul. Hal ini ditandai dengan keberadaan perpustakaan dusun maupun desa yang menyebar di seluruh kelurahan.

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin maju, perpustakaan dituntut untuk semakin meningkatkan kualitas layanannya.

Sesuai dengan hukum dasar perpustakaan oleh S.R. Ranganathan yang menyebutkan bahwa library is growing organisme maka perpustakaan dituntut untuk terus-menerus berkembang melakukan transformasi dan inovasi baru dari waktu ke waktu.

BACA JUGA:

Perpustakaan dusun yang berada di tengah-tengah masyarakat diharapkan dapat memberikan manfaat. Perpustakaan tidak hanya sebagai lembaga informasi yang menyediakan koleksi buku untuk dibaca masyarakat, lebih dari itu hadirnya perpustakaan dusun juga berfungsi untuk memberdayakan masyarakat dan meningkatkan minat literasi pada masyarakat yang pada gilirannya dapat mengasah kemampuan untuk berpikir secara kritis, inovatif, dan kreatif.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*