Mulai Tahun Depan, Jakarta Bukan Lagi Ibu Kota Negara Indonesia Lho

Ilustrasi: Tugu Monas Jakarta. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Tugu Monas Jakarta. (KalderaNews.com/y.prayogo)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Jakarta tak lagi menjadi ibu kota negara Indonesia pada 2024. Ibu Kota Negara akan mulai pindah ke Nusantara di Kalimantan Timur.

Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara, Bambang Susantono mengatakan bahwa Presiden Joko Widodo akan mengeluarkan Keputusan Presiden atau Keppres pada semester I-2024.

“Ketika Presiden mengeluarkan Kepppres pada 2024, ibu kota akan pindah ke IKN Nusantara. Persiapan sudah kami lakukan sejak sekarang,” kata Bambang.

BACA JUGA:

Bambang mengatakan, persiapan yang dilakukan di antaranya adalah pemindahan ASN, TNI, dan Polri yang akan dilakukan bertahap. Badan Otorita juga tengah mempersiapkan pemindahan pemerintahan.

Tak hanya itu, layanan publik lainnya pun harus siap beroperasi pada 2024. Badan Otorita harus mempersiapkannya mulai 2023.

Selain itu, Presiden Joko Widodo juga berharap agar bisa melakukan upacara Hari Kemerdekaan ke-79 RI pada 2024 di IKN Nusantara.

Pemerintah juga telah menetapkan titik nol kilometer Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara yang berlokasi di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Titik nol kilometer (km) tersebut akan menjadi pusat IKN setelah pemindahan ibu kota dari Jakarta ke Kalimantan Timur selesai.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), Kecamatan Sepaku memiliki wilayah seluas 1.172 km persegi.

Sementara secara administrasi, kecamatan yang akan menjadi pusat IKN tersebut memiliki 15 desa/kelurahan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*