Satelit Nano SS-1 Sukses Mengorbit, Mahasiswa Surya University Langsung Ditawari Beasiswa S2 Hingga S3

Surya Satelit 1 (SS-1) Karya 6 Mahasiswa Surya University
Surya Satelit 1 (SS-1) Karya 6 Mahasiswa Surya University (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) mengapresiasi keberhasilan satelit nano pertama karya anak bangsa Surya Satellite-1 (SS-1) yang mengorbit di luar angkasa tepat pada pukul 15.03 WIB pada Jumat, 6 Januari 2023.

Atas capaian ini, Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko menyampaikan rasa bangganya dan menawarkan program beasiswa bagi para mahasiswa yang terlihat.

“Saya harapkan ini bukan akhir, Tim SS-1 bisa terus melanjutkan proyek pengembangan satelit dan bisa melanjutkan study S2 dan S3 melalui program beasiswa berbasis riset dari BRIN sebagai program pengembangan manajeman talenta nasional dalam bidang riset dan inovasi,” tegasnya di Jakarta.

BACA JUGA:

Diketahui, Tim Satelit Surya-1 adalah para mahasiswa Surya University.

Handoko menegaskan inisiatif dari para mahasiswa Surya University dalam mengembangkan nano satelit menjadi motivasi dan inspirasi bagi generasi muda Indonesia.

Maka dari itu, BRIN memberikan dukungan penuh melalui Deputi Bidang Sumber Daya Manusia Iptek (SDMI) dalam program pengembangan kapasitas sumber daya manusia melalui mobilitas periset

Handoko menambahkan sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia sangat membutuhkan lebih banyak pengembangan teknologi satelit. Hal ini karena dengan memanfaatkan teknologi satelit, maka akan mampu menjangkau wilayah Indonesia yang memiliki ribuan pulau.

“Sebagai bangsa yang besar, kami berusaha untuk membangun infrastruktur ruang angkasa yang lebih baik untuk memberi manfaat bagi pembangunan,” ujarnya.

Ke depan BRIN juga tengah mengejar prospek dalam pengembangan banyak konstelasi satelit di masa depan, seperti pengamatan bumi atau konstelasi satelit IoT. Dengan hadirnya para engineer muda ini, dia optimis terhadap perkembangan teknologi satelit di masa depan.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*