20 Desember, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional, Inilah Tema, Logo, dan Sejarahnya

Logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2022. (Dok. Kemensos)
Logo Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) 2022. (Dok. Kemensos)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Setiap 20 Desember, kita memperingati Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional. Dan inilah tema, logo, dan sejarahnya.

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional atau biasa disingkat HKSN merupakan peringatan hari nasional untuk meningkatkan nilai kesetiakawanan dan kebersamaan bangsa Indonesia.

Peringatan HKSN tiap tahun digelar pemerintah melalui Kementerian Sosial (Kemensos).

BACA JUGA:

Tema HKSN 2022

Kemensos telah merilis tema Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022. Tema Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022 adalah “Bangkit Bersama Membangun Bangsa”.

Tema ini untuk mendorong berbagai pihak ke arah yang lebih baik, demi terwujudnya cita-cita Indonesia untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat.

Makna logo HKSN 2022

Kemensos juga telah merilis logo HKSN tahun 2022 beserta panduan visualnya.

  • Orang Bersorak: Melambangkan masyarakat Indonesia menyemarakan hari kesetiakawanan sosial nasional dengan suka cita.
  • Empat Orang Berkumpul Bersama: Sebagai makna solidaritas dan kebersamaan masyarakat Indonesia yang saling berkumpul satu sama lain untuk #BangkitBersamaMembangunBangsa
  • Ceklis dan Bulat: Menandakan peringatan Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional yang dilaksanakan bersama-sama dengan tujuan kebenaran dan kebaikan.

Sejarah HKSN 2022

Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) berawal ketika Kementerian Sosial mengadakan Penyuluhan Sosial bagi tokoh-tokoh masyarakat dan Kursus Bimbingan Sosial bagi Calon Sosiawan atau Pekerja Sosial.

Program ini bertujuan mereka yang telah mendapatkan pelatihan menjadi mitra bagi pemerintah dalam menanggulangi dan mengatasi permasalahan sosial yang sedang terjadi. Pelatihan itu digelar Juli 1949 di Yogyakarta.

Hal itu dilatarbelakangi situasi setelah perang kemerdekaan yang terjadi dari tahun 1945 hingga 1948 yang mengakibatkan masalah sosial semakin bertambah.

Selain itu, Kemensos juga berinisiatif menciptakan Lambang Pekerjaan Sosial dan Kode Etik atau Sikap Sosiawan, pada 20 Desember 1949.

Tanggal itu dipilih sebab bertepatan dengan peristiwa bersejarah bersatunya seluruh lapisan masyarakat untuk mempertahankan kedaulatan negara.

Peristiwa bersejarah tersebut ialah terjadi sehari setelah tentara kolonial Belanda menyerbu dan menduduki Ibu Kota Negara Yogyakarta pada 20 Desember 1948.

Maka tanggal tersebut oleh Kementerian Sosial dijadikan sebagai Hari Sosial.

Di kemudian hari, Hari Sosial berubah nama menjadi Hari Kebhaktian Sosial. Lantas berganti lagi menjadi Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional (HKSN) dan diperingati setiap tahun pada tanggal 20 Desember sampai sekarang.

Tahun ini, Hari Kesetiakawanan Sosial Nasional 2022 adalah peringatan yang ke-65. Sejak peringatan HKSN yang pertama pada 20 Desember 1958.

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*