Inilah Fakta Ilmiah Kalau Indonesia Itu Memang Rawan Gempabumi dan Tsunami

Gedung SMK Negeri 1 Cugenang
Gedung SMK Negeri 1 Cugenang (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kejadian gempabumi di Cianjur yang menimbulkan korban dengan luka ringan, luka berat, hingga meninggal dunia perlu dihindari untuk kejadian gempabumi yang akan terjadi di masa datang.

Imanuela Indah Pertiwi, M.Si dan Marniati, MT dari Stasiun Geofisika Kelas IV Kendari dan Balai Besar MKG Wil IV Makassar dalam paper yang diunggah di laman BMKG dengan judul “Rawan Gempabumi, Diperlukan Mitigasi Secara Mandiri” mengakui keadaan ini memerlukan pemahaman mitigasi secara mandiri oleh masing-masing orang agar terhindar dari dampak akibat kejadian gempabumi.

“Tidak dapat dihindari bahwa wilayah Indonesia berada di tiga pertemuan lempeng utama dunia, dan merupakan negara kepulauan yang berbatasan langsung dengan laut lepas. Pergerakan dari pertemuan tiga lempeng utama dunia tersebut menyebabkan terdapat sekitar 267 sesar (darat dan laut) dan sekitar 21 zona subduksi yang tersebar di semua pulau di Indonesia,” tegas mereka merujuk pada buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesi Tahun 2017, Pusat Studi Gempa Nasional.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*