Inilah Materi yang Akan Diujikan di UTBK 2023

Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Buat kalian yang ingin kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada 2023 mendatang, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah resmi melakukan sosialisasi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 pada Kamis, 1 Desember 2022.

Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 akan digelar melalui tiga jalur.

  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) sebagai pengganti Seleksi Nasional Masuk PTN (SNMPTN)
  • Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBT) sebagai pengganti Seleksi Bersama Masuk PTN (SBMPTN)
  • Seleksi Mandiri PTN.

BACA JUGA:

Ketua Umum Tim Penanggung Jawab Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Prof. Ashari mengatakan, materi tes pada SNBT terdiri dari:

1. Tes potensi skolastik (TPS)

Tes ini bertujuan mengukur kemampuan kognitif yang dianggap penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Dalam TPS yang akan diuji adalah kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum serta kemampuan memahani bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup Pengetahuan dan Penguasaan Matematika dasar.

2. Penalaran matematika

Materi tes ini untuk mengukur kemampuan berpikir menggunakan konsep, prosedur, fakta dan alat matematika untuk menyelesaikan masalah sehari-hari pada berbagai jenis konteks yang relevan untuk individu sebagai warga negara Indonesia dan warga dunia.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*