Telkom University Terpilih Sebagai Pusat Riset Metaverse, Siap Diterapkan di IKN

Telkom University. (Ist.)
Telkom University. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Telkom University terpilih sebagai Metaverse Research & Experience Center di Indonesia oleh perusahaan Meta.

Kerja sama ini merupakan hasil pertemuan delegasi Indonesia dengan Meta pada Maret 2022.

Delegasi Indonesia yang dipimpin Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Menkominfo RI) Johnny G. Plate semula bertemu pihak Meta pada acara Mobile World Congress (MWC).

BACA JUGA:

Usai pertemuan itu, perwakilan Indonesia yakni Mulyadi dari Kominfo, Bayu Hari Saktiawan dari KBRI Madrid, dan Lia Yuldinawati dari Telkom University bertemu kembali dengan pihak Meta di Madrid, Spanyol.

Pertemuan ini digelar untuk menyelaraskan program kerja sama sekaligus membahas persiapan terkait peluncuran program kolaborasi metaverse antara komunitas digital di Indonesia dengan industri. Hasil dari pertemuan itu, Telkom University terpilih sebagai Metaverse Research & Experience Center di Indonesia.

Ada empat usulan workstream yang telah dicita-citakan oleh komunitas digital di Indonesia, antara lain pengukuran jaringan atau Network Baselining dalam kesiapan infrastruktur nasional terhadap metaverse, membangun dan menguji solusi jaringan yang siap terhadap metaverse atau Metaverse Ready Network, use case & aplikasi Metaverse, serta dukungan ekosistem Metaverse.

Hasil dari metaverse workstream itu berpotensi untuk diimplementasikan dalam pembangunan transformasi digital Ibu Kota Nusantara (IKN). Dan, Telkom University menjadi koordinator dari program kolaborasi komunitas ini.

Direktur Kerjasama Strategis dan Kantor Urusan Internasional Telkom University, Lia Yuldinawati mengatakan bahwa diperlukan kolaborasi dari berbagai pihak dalam membangun ekosistem metaverse di Indonesia.

“Telkom University siap menjadi bagian dalam pengembangan metaverse di Indonesia. Namun, dalam membangun metaverse membutuhkan kolaborasi antar-pemangku kepentingan, itulah semangat yang coba kami hadirkan di sini dengan membangun program kemitraan dan kolaborasi di Indonesia yang merupakan program kolaborasi tingkat nasional pertama di dunia. Kami ingin proaktif dalam membangun ekosistem metaverse di Indonesia,” ungkap Lia.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*