Pemanfaatan Citra Satelit dan Analisis Penginderaan Jauh di Indonesia Belum Maksimal

Satelit Lapan A2
Satelit Lapan A2 Orari (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Deputi Bidang Kebijakan Pembangunan BRIN, Mego Pinandito menegaskan bahwa data citra satelit dan analisis penginderaan jauh sangat penting untuk dimaksimalkan pemanfaatannya, salah satunya untuk menghadapi dampak perubahan iklim.

“Adanya kenaikan permukaan air laut akibat perubahan iklim berdampak pada banyak negara kepulauan, tidak hanya di asia pasifik, tapi juga di seluruh penjuru dunia,” tegasnya di diskusi bersama para ahli terkait Konstelasi Virtual Satelit untuk Mitigasi Resiko Bencana pada Senin, 24 Oktober 2022.

Diskusi ini merupakan salah satu tindak lanjut dari tiga inisiatif yang diusulkan Indonesia dalam Fourth Ministerial Conference on Space Applications for Sustainable Development in Asia and the Pacific (MC-4 SASD) yang akan dilaksanakan di Jakarta, 26 Oktober 2022 mendatang.

BACA JUGA:

Para ahli dari berbagai negara bertukar best practice mengenai pemanfaatan informasi geospasial untuk mitigasi risiko bencana juga detail-detail teknis terkait konstelasi virtual satelit, termasuk di dalamnya mekanisme berbagi data citra satelit dan pengembangan basis data.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*