Hindari, Ya! Tipe Kandidat yang Masuk Blacklist HRD

ilustrasi: wawancara kerja (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Lulus kuliah tepat waktu denga nilai yang memuaskan tentu menjadi idaman para pemuda pemudi bangsa. Apalagi bila kemudian diterima di perusahaan yang telah lama menjadi incaran. Namun, apa jadinya bila pekerjaan impian tidak segera kita dapatkan karena kita masuk blacklist HRD? Wah!

Bagi sebagian orang yang belum tahu, informasi bahwa HRD bisa melakukan blacklist terhadap kandidat karyawan pasti cukup mencengangkan. Hal ini terjadi karena si kandidat melakukan beberapa kesalahan yang akhirnya membuat HRD sebagai perekrut melakukan blacklist.

BACA JUGA:

Inilah bebarapa alasan HRD melakukan blacklist terhadap kandidat karyawan. Hindari, ya!

Ghosting

Bila kamu sudah diundang untuk wawancara, sudah diberi jadwal tetapi tiba-tiba hilang tanpa kabar. Kandidat seperti ini pasti akan masuk ke daftar hitam HRD. Bila berhalangan hadir kamu harus memberi kabar pada HRD. Itu juga kalau kamu masih mau diberi kesempatan untuk melamar kembali di perusahaan tersebut.

Yang menjadi masalah bagi perekrut adalah bila kandidat tidak bisa hadir, memberikan informasinya mendadak untuk alasan yang kurang esensial. Semestinya tidak demikian agar HRD ada kesempatan untuk menjadwalkan kembali wawancaranya.

Fraud

Saat ditemukan pengecekan berkas administrasi, ternyata HRD menemukan berkas atau data yang palsu atau ada indikasi penipuan. Kesalahan seperti ini akan membuat kamu masuk daftar hitam HRD. Pada kasus yang berat kamu bisa terkena pasal penipuan, lho.

Masalah di Tempat Terdahulu

Bila didapati ada masalah di tempat kerja yang terdahulu, biasanya ini menjadi pertimbangan bagi HRD. Kalau kesalahan yang ada dirasa terlampau berat, hal ini bisa menjadi penyebab kita masuk daftar blacklist HRD.

Nah, bila kamu termasuk pencari kerja tahun ini, hindari kesalahan-kesalahan tersebut di atas agar tidak masuk ke daftar hitam HRD, ya. Semangat!

Cek Berita dan Artikel KalderaNews.com lainnya di Google News

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmuTertarik menjalin kerjasama dengan KalderaNews.com? Silakan hubungi WA (0812 8027 7190) atau email: kalderanews@gmail.com




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*