Sudah Mau Kuliah Offline Nih, Begini Rahasia Mengatur Keuangan Si Anak Kos

Ilustrasi: 9 tips mengatur keuangan ala anak kos. (KalderaNews.com/Ist.)
Ilustrasi: tips mengatur keuangan ala anak kos. (KalderaNews.com/Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Pandemi telah mereda dan kita harus kembali ke kehidupan sebelum pandemi. Namun demikian, prosedur kesehatan tetap harus dijaga dan diperhatikan karena meskipun telah reda bukan berarti telah hilang.

Menjadi anak kos harus dialami oleh banyak mahasiswa yang menempuh kuliahnya di tanah rantau. Dengan mengandalkan kiriman uang saku dari orangtua atau sambil kerja paruh waktu, seorang anak kos memang harus cermat mengatur keuangan.

BACA JUGA:

Bila kamu baru nge-kos tahun ini, begini rahasia mengatur keuangan buat si anak kos. Cekidot!

Buat anggaran

Sebagai anak kos, cara pertama yang bisa kamu lakukan setiap awal bulan adalah membuat anggaran. Prioritaskan uangmu untuk belanja barang yang kamu buruhan, makanan, transportasi, dan kebutuhan kulliah.

Masak sendiri

Cobalah memasak sendiri sehingga bisa menghemat pengeluaran untuk makan. Bukan masak yang susah, tetapi carilah resep-resep sederhana yang tersedia di internet. Selain hemat, masak sendiri juga sehat dan bersih.

Coba kerja paruh waktu

Jika kamu ingin mendapat uang tambahan, kamu bisa melakukan kera paruh waktu, freelance, atau mengikuti paid internship. Meskipun waktu luangmu akan terkuras, tetapi kamu akan mendapat banyak pengalaman dan tambahan uang saku. Kamu pun bisa menambahkan pengalaman ini di CV-mu kelak.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*