Riset Bidang Peternakan, 2 Mahasiswa Indonesia Ngelmu ke Amerika

Hewan Ternak Sapi (Foto: Pixabay/Ulleo)
Sharing for Empowerment

WASHINGTON, KalderaNews.com – Dua mahasiswa Indonesia yang sedang melanjutkan studi master dan doktoral di dua universitas di Amerika Serikat berbagi pengalaman risetnya di bidang peternakan.

Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) di Washington, D.C., Rosan Roeslani mengakui penelitian bidang ilmu peternakan sangat diperlukan negara yang bergantung pada produk peternakan guna meningkatkan inovasi hasil peternakan ke depannya.

Agung Irawan, mahasiswa program doktor bidang Ilmu Peternakan (Animal Science) di Oregon State University memaparkan risetnya tentang penggunaan limbah industrial hemp dari hasil ekstraksi cannabidiol (CBD).

BACA JUGA”

Agung mengatakan bahwa risetnya bertujuan sebagai asesmen menyeluruh yang meneliti aspek keamanan limbah hemp tersebut bagi ternak itu sendiri hingga untuk dikonsumsi manusia baik susu ataupun dagingnya. Hal itu mengingat profil nutrisi yang sangat baik yang dimiliki limbah tersebut namun tidak memiliki nilai ekonomi untuk saat ini.

“Apabila limbah ini dapat dijadikan pakan ternak, akan sangat menekan biaya pakan, yang secara umum mencapai lebih dari 50 persen dari seluruh biaya produksi untuk peternakan sapi perah,” terangnya.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*