Dear Mahasiswa Baru, Inilah Study Plan Kuliah Agar Lulus Tepat Waktu dan Mudah Diterima Kerja

Ilustrasi: Kepribadian yang wajib dimiliki mahasiswa baru. (Ist.)
Ilustrasi: Kepribadian yang wajib dimiliki mahasiswa baru. (Ist.)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Memasuki dunia kampus memang sangat berbeda dengan zaman kita masih di bangku SMA. Kita tidak bisa lagi bermalasan karena masa depan karier akan ditentukan sejak dari masa menjadi mahasiswa ini.

Agar kuliah senantiasa lancar dan dapat lulus tepat waktu, kita harus mempunyai perencanaan yang tepat. Inilah study plan atau rencana kuliah yang harus kamu miliki sejak masih menjadi mahasiswa baru.

BACA JUGA:

  1. Tahun Pertama: Semester 1 dan 2

Fokus kuliah dan memahami seluk beluk kampus. Cari tahu mata kuliah yang kamu suka mencari relasi dari teman satu angkatan ataupun serius memahami program atau kegiatan yang ada di kampusmu.

  • Tahun Kedua: Semester 3 dan 4

Ikut organisasi dan lomba. Sudah mulai beradaptasi menjadi anak kuliahan? Saatnya eksplor bidang yang kamu minati melalui organisasi ataupun lomba akademik dan non-akademik.

  • Tahun Ketiga: Semester 5 dan 6

Student exchange dan internship. Banyak kesempatan fully funded student exchange yang bisa dicoba. Selain itu, di semester ini kamu sudah cukup matang untuk mulai mendaftar intership atau magang.

  • Tahun Keempat: Semester 7 dan 8

Saatnya fokus skripsi dan tugas akhir. Belajara dan menambah relasi telah kita lakukan, ini saatnya fokus pada tugas akhir dan kelulusan untuk menyelesaikan studi tepat waktu.

Itulah study plan yang harus kamu pahami sejak awal dan dapat dijadikan acuan dalam melaksanakan perkuliahan sehari-hari. Semangat belajar, ya!

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*