Tanda Lingkungan Kerja Tidak Nyaman yang Harus Kamu Kenali

Ilustrasi. Hari Pertama Kerja Bagi Fresh Graduate (Dok.Pixabay.com)
Ilustrasi. Hari Pertama Kerja Bagi Fresh Graduate (Dok.Pixabay.com)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Saat kita masih duduk di bangku kuliah pasti mendambakan langsung diterima kerja di perusahaan impian. Sayangnya, saat kita telah diterima bekerja di sana dengan perjuangan yang berliku, belum tentu kita mendapati tempat kerja yang nyaman.

Kemudian kita mulai berpikir bahwa gaji tinggi dan perusahaan yang keren ternyata tidak menjamin kesejahteraan kita dalam bekerja. Lingkungan tempat kerja juga memengaruhi kebahagiaan kita. Jika kita berada di lingkungan kerja tang tidak nyaman, hal tersebut bisa membuat tidak betah dan kinerja juga menurun.

BACA JUGA:

Selain kinerja, lingkungan kerja tidak nyaman juga bisa menyebabkan kondisi kesehatan terganggu. Penyebab lingkungan kerja tidak nyaman juga beragam, seperti misalnya, tekanan atasan yang terlalu berat, rekan kerja yang toksik, aturan kantor yang sangat ketat, atau rekan kerja yang tidak bisa diajak kerjasama, dan juga penyebab lain.

Kita harus bisa mengenali tanda lingkungan kerja yang tidak nyaman. Untuk memastikan apakah kita benar-benar berada di lingkungan kerja yang tidak nyaman, inilah dia tanda-tanda lingkungan kerja tidak nyaman yang harus dikenali.

Mendapatkan pelecehan verbal

Tanda pertama bahwa lingkungan kerjamu tidak nyaman adalah kamu mendapatkan pelecehans secara verbal dan perundungan di tempat kerja. Hal ini dapat dilakukan oleh rekan kera atau atasanmu. Pelecehan ini mungkin bertujuan agar kamu merasa tertekan sehingga melakukan apa yang mereka suruh.

Contohnya mungkin saja kamu diancam akan dialporkan oleh rekan kerja karena melakukan pelanggaran pada peraturan kantor. Bisa juga, atasan mencaci maki atau berkomentar pedas tentangmu di depan seluruh karyawan atau kesalahan yang tida kamu lakukan. Hal ini tentu menyebabkanmu takut dipecat dan mereka akan mengambil alih kontrol atas dirimu. Selain itu, amu juga menjadi merasa tidak aman di kantor.

Pelecehan seksual

Pelecehan atau kekerasan verbal saja sudah tidak baik, apalagi pelecehan seksual. Pelecehan seksual juga bisa terjadi di lingkungan kerja di kalangan orang berpendidikan baik. Laki-laki atau perempuan dapat mengalami hal ini. Perlakuan itu bisa dari atasan atau rekan sekerja. Beberapa contoh pelecehan seksual yang bisa terjadi dalam lingkungan kantor antara lain:

  • Membuat lelucon atau sindiran yang bersifat seksual.
  • Menyentuh bagian tubuh kita secara tidak pantas tanpa presetujuan.
  • Melakukan gerakan atau ekspresi wajah yang menghina dan bersifat seksual.
  • Menatap tubuh seseorang dengan pandangan yang tidak wajar

Pelecehan sesksual sebenarnya banyak bentuknya. Tingkat keparahannya juga bervariasi. Meskipun terlihat sepelr, pelecehan seksual yang terjadi berulang kali tentu dapat memengaruhi kondisi psikologis kita.

Jika kamu ragu apakah tindakan tersebut termasuk pelecehan atau bukan, silakan bertanya kepada diri sendiri dan berapa kali hal tersebut terjadi. Jangan takut untuk menceritakannya kepada orang lain untuk meminta masukan dari mereka.

Atasan yang engga OK

Lingkungan kerja yang buruk juga dipengaruhi oleh atasan yang semena-mena dengan bawahannya. Contohnya jika pada akhir pekan atasanmu masih tetap menghubungi dan mengganggumu dengan menanyakan pekerjaan atau bahkan memaksamu mengerjakan sesuatu. Mempunyai atasa yang seperti itu juga bisa menjadi salah satu tanda bahwa kamu berada di lingkungan kerja yang buruk.

Setidaknya tiga tanda besar lingkungan kerja tidak nyaman tersebut harus kamu kenali. Pikirkan solusi terbaik bila memang kamu menjumpai tiga tanda tersebut.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu.




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*