Cara Mengatasi Rasa Minder Saat Pertama Masuk Kuliah

Ilustrasi: Menyendiri dengan berpikiran negatif atau negative thinking. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kuliah atau dunia perguruan tinggi yang baru kita masuki pasti merupakan hal yang menggugah rasa penasaran dan antusias. Kita masuk ke lingkungan baru, bertemu teman baru, sistem belajara yang berbeda, dan semuanya itu memerlukan adaptasi. Sayangnya, alih-alih adaptasi, yang muncul malah rasa minder. Bagaimana cara mengatasinya?

Rasa minder adalah rasa yang wajar. Manusiawi bila rasa ini muncul saat kita memasuki area baru yang belum banyak kita kenal, seperti masuk kuliah. Namun, meskipun wajar, kita tidak boleh membiarkan rasa minder terus berlarut-larut menguasai diri kita.

BACA JUGA:

Bila tahun ini kamu juga tahun pertama masuk kuliah, begini cara mengatasi rasa minder yang muncul di kampus baru.

Punyai prinsip

Kamu harus mempunyai prinsip bahwa tujuanmu ke kampus adalah untuk menuntut ilmu dan bukan untuk hal yang lain. Jangan biarkan fokusmu teralihkan hanya karena hal sepele, apalagi minder yang disebabkan perbedaan kelas sosial. Ingat, di kampus yang utama bukanlah baju bagus, tetapi prestasi dan dedikasi yang tinggi.

Jangan takut belajara

Kalau memang ada sesuatu yang masih asing, jangan takut atau malu untuk belajar. Minta penjelasan pada teman atau mencari informasi di internet bisa jadi alternatif. Masalah seperti ini sudah bisa yerjadi dan mungkin dirasakan oleh setiap mahasiswa baru, terutama yang berasal dari daerah.

Pelajari skill yang diperlukan

Untuk menambah rasa percaya diri, kamu juga bisa belajara skill dasar yang sekiranya diperlukan saat di kampus nanti. Misalnya tentang teknologi atau bahasa Inggris, karena kedua hal itu jika dipelajari akan bermanfaat untukmu saat sudah memasuki dunia kampus dan perkuliahan. Dengan skill yang kamu punya sedikit demi sedikit rasa percaya dirimu akan terpupuk dengan baik.

Cari teman sefrekuensi

Jangan lupa untuk mencari teman yang sefrekuensi sebelum masuk kuliah. Cari teman yang sekiranya bisa diajak bekerja sama dan msmiliki gaya hidup yang sama atau tidak jauh beda denganmu. Kalau sudah punya teman begini kamu tidak akan mempunyai rasa minder.

Kembangkan diri

Salah satu cara ampuh mengatasi rasa minder adalah dengan mengembangkan diri, ikut organisasi atau mengikuti pelatihan apa saja yang bisa menaikkan kemampuan dirimu. Dengan begini tidak ada kata minder dengan teman yang lain.

Rasa minder bisa saja muncul saat awal-awal bertemu dengan lingkungan baru. Jangan lama-lama, ya. Yuk, semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan share pada saudara, sahabat dan teman-temanmu!




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*