Hebat! Jumlah Peserta OSN SD Tahun Ini Meningkat Dua Kali Lipat

Peserta OSN jenjang SD tahun 2022. (Dok.Puspresnas)
Peserta OSN jenjang SD tahun 2022. (Dok.Puspresnas)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) kembali menggelar Tahap Penyisihan Olimpiade Sains Nasional jenjang Sekolah Dasar (OSN SD) tahun 2022.

Sebanyak 43.644 peserta dari 34 Provinsi seluruh Indonesia turut berpartisipasi secara daring pada 21-22 Juni 2022.

Tahun ini, tema OSN SD adalah “Talenta Sains Untuk Indonesia Maju”.

BACA JUGA:

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Pusat Prestasi Nasional, Asep Sukmayadi mengatakan, OSN SD 2022 diharapkan menjadi salah satu wahana strategis untuk membentuk generasi yang selalu mencintai sains, berusaha mengembangkan daya nalar, kreativitas, dan kemampuan berpikir kritis.

“Sehingga pada saatnya nanti mereka akan tumbuh menjadi generasi yang berkepribadian kokoh, kompetitif, dan mandiri,” papar Asep Sukmayadi.

Tahap Penyisihan merupakan tahap kegiatan Olimpiade awal yang diikuti secara terbuka bagi seluruh peserta didik jenjang Sekolah Dasar. Hasil dari Tahap Penyisihan akan dipilih 136 orang per bidang lomba sebagai peserta Tingkat Nasional yang mewakili provinsi.

Tahun ini, terdapat dua bidang yang dilombakan yaitu Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Sebanyak 21.774 terdaftar sebagai peserta di bidang Matematika. Kemudian untuk bidang IPA diikuti sebanyak 21.920 peserta sehingga total peserta keseluruhan mencapai 43.644 peserta.

Puspresnas menyatakan bahwa jumlah peserta tahun ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Di tahun 2021 total peserta OSN SD berjumlah 19.570 peserta, sementara pada tahun 2020 jumlah peserta hanya mencapai 2.258 peserta.

Kondisi pandemi Covid-19 yang berangsur menghilang turut mempengaruhi keikutsertaan para peserta OSN SD 2022.

“Peserta OSN SD tahun ini meningkat dua kali lipat dibanding tahun sebelumnya. Kita turut mengapresiasi kepada minat tinggi anak-anak Indonesia khususnya jenjang Sekolah Dasar di bidang sains. Semoga terus berprestasi dan menjadi generasi unggul bangsa,” terang Asep Sukmayadi.

Kasubbag Tata Usaha Pusat Prestasi Nasional, Muslih menambahkan, jumlah peserta OSN SD yang naik dua kali lipat merupakan bukti OSN SD semakin kompetitif setiap tahunnya.

“Jumlah peserta tahun ini melonjak. Semangat kompetitif sangat dibutuhkan oleh adik-adik jenjang Sekolah Dasar. Tapi tetap jangan lupakan sportivitas, tetap berpengang teguh pada kejujuran, karena Jujur itu Juara,” jelas Muslih.

*Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*