Keluar Dari Zona Nyaman? Ini Cara Gampangnya

Keluar dari zona nyaman. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Hidup nyaman merupakan hal yang selalu ingin dicapai oleh setiap orang. Kenyamanan merupakan hal abstrak yang sering kita kejar dalam hidup. Sayangnya, berada dalam kondisi nyaman dalam jangka waktu yang lama bisa membuat kita tidak berkembang, oleh karenanya orang seing mengatakan bahkan keluar dari zona nyaman dapat membuat kita tumbuh.

Keluar dari zona nyaman artinya kita berani mengambil keputusan untuk melakukan hal-hal di luar kebiasaan untuk mendorong  diri kita untuk maju. Keluar dari zona nyaman kerap tampak menakutkan dan merepotkan.

BACA JUGA:

Banyak cara untuk tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik setiap harinya. Hal ini merupakan sebuah tanda kita berani keluar dari area kenyamanan kita sendiri. Begini beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk bisa keluar dari zona nyaman tanpa terasa menyakitkan.

Pelajari keterampilan baru

Upgrade diri dengan mempelajari keterampilan baru yang akan sangat berguna di kemudian hari. Misalnya belajar bahasa asing lain selain bahasa Inggris, belajara mengedit video atau menjadi konten kreator.

Mengubah kebiasaan harian

Mencoba melakukan rutinitas yang harian yang berbeda. Mialnya merapikan kasur setelah bangun tidur, sikat gigi menggunakan tangan kiri, mandi dengan air dingin atau bahkan mencoba rute yang berbeda untuk berangkat kerja atau ke kampus.

Lakukan satu kebaikan setiap hari

Pastikan kita telah melakukan minimal satu kebaikan setiap hari. Tidak perlu yang terlihat sulit, melainkan hal sederhana seperti membantu membukakan pintu, memberikan makanan pada pengemis atau gelandangan, menyapa satpam atau OB di kantor dengan senyum yang tulus bisa kita coba setiap hari.

Pakai gaya hidup atlet

Kesehatan dan kebugaran merupakan investasi yang bisa dilakukan sejak sekarang. Tidak ada kebugaran tubuh yang datang tiba-tiba. Melatih diri seperti atlet untuk menjaga kesehatan memang rasanya berat di awal, tetapi akan menjadi gaya hidup yang baik dan menyenangkan. Contohnya adalah olahraga rutin selama 20 menit setiap hari, menantang diri untuk tidak makan junk food, atau mencoba metode diet baru.

Melawan satu ketakutan setiap hari

Melawan satu ketakutan memang tidak mudah, tetapi dengan cara ini, kita bisa menjadi orang yang naik level. Tantang dirimu untuk melakukan satu hal yang selama ini sangat ingin kamu coba tetapi belum berani, misalnya mengambil posisi sebagai pemimpin dalam organisasi, mengajak bicara orang yang tidak kamu kenal, atau mengajak kenalan orang yang selama ini kita suka.

Bergabung dengan komunitas baru

Bergabung denan komunitas baru sesuai bidang yang kamu suka akan membuatmu banyak belajar mengenai dunia sekitarmu. Selain menambah jejaring yang bermanfaat di kemudian hari. Beberapa contoh komunitas yang menarik antara lain: komunitas bahasa inggris, komunitas bisnis atau entrepreneurship, dan komunitas olahraga.

Keluar dari zona nyaman memang awalnya terasa tidak enak. Kita hanya perlu pembiasaan saja. Yuk, semangat!

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*