Tidak Harus Mahal, Inilah Ide Mengisi Liburan Kenaikan Kelas Bersama Anak

Mengisi liburan bersama anak. (KalderaNews/Ist)
Sharing for Empowerment

JAKARTA, KalderaNews.com – Libur kenaikan kelas telah tiba. Akan banyak waktu luang anak di rumah karena sekolah mereka libur. Ini merupakan kesempatan mendekatkan diri dengan anak bila selama ini mereka telah kembali sibuk dengan sekolah PTM setelah pandemi.

Selain kesempatan mendekatkan diri dengan anak, liburan kenaikan kelas ini juga bisa memberikan ia banyak pelajaran penting di luar sekolah yang ia bisa dapatkan dari orangtuanya secara langsung. Beberapa ide kegiatan yang dapat kita pilih untuk mengisi liburan kenaikan kelas dengan anak antara lain:

BACA JUGA:

Kesempatan untuk observasi anak kita

Liburan merupakan kesempatan bagi kita, para orangtua, untuk mengenal anak kita lebih dalam melalui pengamatan atau observasi. Dengan ini kadang kita bisa jadi menemukan hal-hal yang menakjubkan yang biasanya terlewat begitu saja.

Mengenalkan hobi kita

Kita bisa mengajak anak membuat dan mencoba makanan favorit kita, atau kita bisa mengajak mereka melakukan kegiatan yang kita suka sammbil menceritakan mengapa kita menyukainya. Misalnya bila kita mempunyai hobi membuat craft, kita bisa mengajak mereka mulai mengenal pernak-pernik yang dibutuhkan dan cara membuatnya.

Ajarkan value kita

Pada kesempatan liburan kenaikan kelas ini juga kita bisa mengajarkan pada anak tentang value hidup pada mereka. Tidak dengan menasehati atau memberi tahu, melainkan dengan mempraktikkan value tersebut secara langsung di hadapan mereka.

Melatih keterampilan baru

Liburan kenaikan kelas juga dapat diisi dengan langkah-langkah mudah untuk menguasai keterampilan-keterampilan baru. Anak dapat diajak secara perlahan untuk menguasai langkah demi langkah sampai akhirnya bisa menguasai keterampilan tersebut. Contohnya mengayuh sepeda.

Bosan bersama

Ketika tidak ada ide mengisi liburan kali ini dengan anak, jangan paksakan diri. Berdiam dan tunggu apakah anak mempunyai ide untuk mengisi harinya dan ikuti arahannya untuk bersenang-senang..

Itulah beberapa ide mengisi liburan kenaikan kelas yang  dapat dilakukan dengan murah meriah dan di rumah. Tanpa keluar banyak biaya, anak bisa mendapatkan beragam pelajaran bermakna.

* Jika merasa artikel ini bermanfaat, silakan dishare pada saudara, sahabat dan teman-temanmu




Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*